breaking news Baru

Anies: Pembangunan PSN Harus Memperhatikan Lingkungan

Nasional, Buana Informasi TV - Pembangunan proyek strategis nasional atau PSN menurut calon presiden Anies Baswedan harus memperhatikan lingkungan. Termasuk soal pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi atau geothermal di daerah Padarincang.
"Proyek strategis nasional saya sampaikan semua yang terkait dengan pembangunan harus memberikan keseimbangan dengan lingkungan dan pembangunan seperti ini bukan pertama kali di dunia," kata Anies usai kampanye di Padarincang dengan tema 'Temu Rakyat, Santri dan Ulama Pejuang Lingkungan Hidup' di Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, selasa (30/1/2024).

Pembangunan berbasis kesadaran lingkungan sudah dilakukan di berbagai tempat. Menurutnya, proyek yang tidak memperhatikan keberlangsungan dan keseimbangan lingkungan itu akibat pemerintah yang tidak mau repot-repot.

"Tidak mau mengeluarkan ongkosnya dan tidak mau repot waktunya," tegasnya.

Padahal, pembangunan menurutnya tidak melulu soal keuntungan atau profit. Ia menyebutnya pembangunan itu sudah kuno.

"Sekarang semua kegiatan perekonomian tidak lagi 1P, kalau dulu 1P atau profit. Sekarang 3P yaitu profit, planet yaitu bumi, people. Sekarang sudah 3P, jadi kalau ada kegiatan usaha masih 1P itu kuno," tambahnya.

Makanya, kedepan pasangan Anies-Muhaimin mengedepankan pembangunan yang selaras dengan lingkungan. Ini dibuat agar lingkungan terawan tapi masyarakat juga mendapatkan keuntungan.

"Usahanya maju, people masyarakatnya mendapat keuntungan, planet lingkungannya terawat, itu visi kami, insya Allah kami akan jaga itu," pungkasnya. (**/red)