breaking news Baru

Pemprov Pastikan Tingkat Inflasi Di Lampung Masih Stabil

Bandar Lampung, Buana Informasi TV - Pemerintah Provinsi Lampung memastikan tingkat inflasi di Provinsi Lampung masih stabil.

Hal itu disampaikan oleh Inspektur Provinsi Lampung Freddy seusai menghadiri rapat koordinasi pengendalian inflasi daerah.

"Bulan ini Provinsi Lampung masih cukup bagus. Dibanding bulan lalu persentasenya hanya 0,01 persen, indeks ini stabil," ujarnya di Bandar Lampung, Senin (29/1/2024).

Adanya pemaparan terkait cuaca dari BMKG, menurut Freddy, sembari menunggu data lebih lanjut pemaparan tersebut akan membantu pemerintah provinsi dalam mengantisipasi inflasi di masa tanam dan panen.

"Tapi yang perlu kita antisipasi ke depan ini sudah mulai hujan. Kalau diprediksi dari BMKG tadi itu di bulan April masih hujan dan yang paling tinggi di bulan Maret. Setelah Mei baru mulai kering lagi," ujarnya.

Dikatakannya, sebelumnya pemerintah pusat sebelumnya telah memberikan atensi yang mengharuskan pemerintah daerah mampu menstabilkan harga pada musim pangan.

"Atensi dari pemerintah pusat menganjurkan harus stabil, kalau terlalu turun juga petani dirugikan. Jadi yang benar ya memang harus stabil," katanya.

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Lampung Irfan Farulian membenarkan sekaligus memperjelas soal inflasi.

Dikatakan, BI masih melihat angka pasti dari data Badan Pusat Statistik (BPS) yang akan terbit pada awal Februari 2024.

"Secara keseluruhan stabilitas inflasi Lampung oke, masih terkendali. Jadi kita lihat tanggal 1 Februari 2024 ini, mudah-mudahan tingkat inflasi Lampung di bawah angka nasional. Karena dari pihak BMKG juga sudah menyampaikan tentang perkembangan cuacanya tiga bulan ke depan. Perkembangan harga di masing-masing provinsi dan Lampung berada di posisi di tengah-tengah," jelasnya.(**/red)