Bupati Tanggamus Hadiri & Resmikan Grand Opening E-Samdes Bumbes Naya Makmur

Tanggamus, Buanainformasi.tv - Bupati Tanggamus Dewi Handajani menghadiri dan meresmikan Grand Opening Elektronik Samsat Desa (E-Samdes) Bumdes Naya Makmur di Pekon Gunung Tiga Kecamatan Pugung Tanggamus, Lampung, Senin (21/11/2022). Bupati Tanggamus, Lampung, Dewi Handajani dalam sambutanya, berharap E-Samdes Bumdes Naya Makmur dapat memudahkan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan. 

Bupati Tanggamus, Lampung, Dewi Handajani juga mengatakan, dengan peresmian E-Samdes Bumdes Naya Makmur masyarakat tidak perlu menempuh perjalanan jauh untuk mengurus pajak kendaraan. Diketahui kantor Samsat di Kabupaten Tanggamus berlokasi di Kecamatan Kota Agung. Dalam hal membayar pajak melalui E-Samdes Bumdes Naya Makmur masyarakat hanya cukup membawa KTP dan STNK asli. Atas diresmikannya E-Samdes Bumdes Naya Makmur ini Bupati Tanggamus Dewi Handajani memberikan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah pekon setempat. 

Selain itu, dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada Direktur Bumdes Nata Makmur yang ikut meluncurkan aplikasi ini secara resmi di Kabupaten Tanggamus. "Saya bangga dengan adanya inovasi ini, selain menjadi sumber pendapatan bagi Pekon, juga sangat memudahkan warga," ungkapnya. Hal itu karenakan, dengan aplikasi E-Samdes Bumdes Naya Makmur ini dapat menghemat waktu masyarakat yang ingin mengurus pajak kendaraan.

Serta dengan hadirnya E-Samdes ini juga dapat menghemat biaya transportasi masyarakat menuju ke Samsat. Bupati Tanggamus Dewi Handajani juga turut menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pendapatan Provinsi Lampung, dan dinas terkait lainnya atas peluncuran aplikasi E-Samdes Bumdes Naya Makmur  yang ada di Tanggamus. "E-Samdes Bumdes yang baru diluncurkan ini merupakan aset penting bagi Pekon Gunung Tiga," katanya.

"Bila hal ini mampu dimanfaatkan dengan sangat baik maka akan menjadi salah satu penunjang pendapatan pekon," tambah Bupati Tanggamus Dewi Handajani. Dari data yang dimiliki Kabupaten Tanggamus potensi pajak kendaraan di Tanggamus sendiri terbilang cukup besar. Potensi pajak itu terdiri dari kendaraan roda dua berjumlah 137.697 unit dan kendaraan roda empat yang berjumlah 12.213 unit. Dari pembayaran pajak kendaraan di Tanggamus terdapat potensi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sebesar Rp.101.772.898.403 (lebih dari Rp 101,77 miliar). 

Pihaknya melanjutkan, BUMPekon Nata Makmur ini memiliki letak operasional yang strategis. Dikarenakan agen E-Samdes dapat melayani pembayaran pajak bagi masyarakat dari pekon yang berada disekitar Gunung Tiga dan Kecamatan Bulok. "Sehingga warga sekitar Kecamatan Pugung dan sekitarnya tidak perlu repot-repot ke Kota Agung untuk bayar pajak kendaraan," ujarnya.

Bupati Tanggamus Dewi Handajani juga berharap BUMPekon Nata Makmur juga melakukan sosialisasi dan promosi kepada masyarakat. Hal itu bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat sekitar tentang pembayaran pajak melalui BUMPekon Nata Makmur. "Sehingga warga sekitar Kecamatan Pugung dan sekitarnya tidak perlu repot-repot ke Kota Agung untuk bayar pajak kendaraan," harap dia. Sementara itu, M Hijra Saputra selaku Kepala Pekon Gunung Tiga turut mengucapkan terima kasih atas peluncuran aplikasi tersebut. 

"Intinya dengan grand opening bisa memudahkan masyarakat dalam masalah pembayaran pajak motor dan mobil atau pembayaran lainnya," ungkap M Hijra Saputra. Hijra Saputra juga berkomitmen untuk pelayana kepada masyarakat yang berada di wilayahnya menjadi lebih baik. Dengan hal seperti itu ia berharap, masyarakat di wilayahnya dapat mengalami kemajuan yang lebih baik. Selain itu, komitmennya tersebut untuk menjalankan program Bupati dengan baik dan menjadikan Kabupaten Tanggamus menjadi lebih baik.

Kegiatan ini turut dihadir juga Kadis PMD Arpin, Camat Pugung Ahmad Yani Halim, Camat Bulok Yulinarti, Anggota DPRD Wahyu Agus Pediawan. Kemudian, Kapolsek Pugung Ipda Ori Wiryadi, KUPT Rantau Rijang Vera Lesmana, Kepala Pekon Gunung Tiga M Hijra Saputra. Selanjutnya, CEO Visigo Akademi Faturachman Syam, Ketua APDESI Pugung Yuhendri, Kepala Cabang Bank Lampung KCP Talang Padang Bastiah, serta tamu undangan lainnya. (ADVERTORIAL)