breaking news Baru

Polres Pesisir Barat Bersama Petugas BPBD Evakuasi Pohon Tumbang Yang Menutuoi Jalinbar TNBBS

Pesisir Barat, Buana Informasi TV - Polsek Bengkunat Polres Pesisir Barat bersama petugas BPBD gerak cepat evakuasi pohon tumbang yang menutupi Jalan Lintas Barat (Jalinbar) di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Pekon Pemerihan Kecamatan Bengkunat, Sabtu (20/1/2024).

Kapolsek Bengkunat AKP Zulkifli mengatakan, saat ini pohon tumbang tersebut telah berhasil di evakuasi oleh para petugas.

"Alhamdulillah pohon tumbang yang sempat menutupi Jalan lintas Barat itu sudah berhasil dievakuasi sekira Pukul 09.30 WIB," ungkapnya.

Arus lalu lintas sudah kembali lancar dan normal, jalan yang sempat ditutupi pohon tumbang sudah bisa di lalui kendaraan.

"Saat ini situasi berjalan kondusif dan aman tanpa kendala," ujarnya.

Dijelaskannya, tumbangnya pohon di kawasan bukit barisan tersebut diperkirakan akibat tingginya intensitas curah hujan yang terjadi.

Sehingga kontruksi tanah menjadi gembur dan mengakibatkan pohon menjadi tumbang.

Kapolsek mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat dan petugas yang telah membantu mengevakuasi pohon tumbang tersebut.

Sehingga jalan penghubung Kabupaten Pesisir Barat dan Kabupaten Tanggamus itu tidak menimbulkan dampak kemacetan yang panjang.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat khususnya pengguna jalan agar selalu berhati-hati saat akan melewati jalur yang rawan terjadi bencana tanah longsor dan pohon tumbang.

Mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan yang kerap diikuti angin kencang.

"Kami mengimbau agar selalu berhati-hati dan waspada serta utamakan keselamatan," 

"Jika ada bencana seperti pohon tumbang, tanah longsor ataupun lainya agar segera menghubungi para petugas agar bisa langsung di tindak lanjuti,", pungkasnya. (**/red)