breaking news Baru

Jokowi Meresmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor!

Nasional, Buana Informasi TV - Jalan tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini. Jalan tol ini terdiri dari ruas, yaitu jalan tol Serpong-Cinere dan ruas Cinere-Jagorawi. Tol ini sendiri telah beroperasi untuk melayani arus mudik dan balik pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Jokowi mengatakan jalan tol ini akan melengkapi struktur jaringan jalan tol di Jabodetabek. Mulai dari jalan tol lingkar dalam hingga Jakarta Outer Ring Road (JORR) atau lingkar luar. Jalan tol ini sendiri berada di JORR 2.

"Alhamdulillah pagi hari ini kita resmikan jalan tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor total panjang 14 kilometer m dengan investasi Rp 4 triliun. Ini lengkapi struktur jaringan jalan tol di Jabodetabek, ada lingkar dalam, JORR 1 dan JORR 2. Dan ini adalah bagian dari JORR 2 yang diresmikan hari ini," kata Jokowi di Gerbang Jalan Tol Limo Utama, Depok, Senin (8/1/2024).

Sebagai informasi rangkaian ruas jalan tol tersebut dioperasikan oleh dua Badan Usaha Jalan Tol, yaitu PT CSJ, anak usaha dari Jasa Marga, yang mengoperasikan Jalan Tol Serpong-Cinere dan PT Trans Lingkar Kita Jaya (TLKJ), yang mengoperasikan Jalan Tol Cinere-Jagorawi.

Jalan tol Serpong-Cinere sendiri memiliki panjang 10,14 kilometer dengan investasi konstruksi sebesar Rp 3,8 triliun. Jalan tol ini dibangun sejak tahun 2017, dan baru selesai penuh dua seksi pada Februari 2022. Seksi I jalan tol ini yang menghubungkan Serpong-Pamulang sudah beroperasi sejak April 2021.

Sementara itu Jalan Tol Cinere-Jagorawi memiliki panjang total 14,64 kilometer dengan investasi konstruksi sebesar Rp 3,6 triliun. Jalan tol ini dibangun sejak 2010, dan baru selesai penuh 3 seksi pada Desember 2022. Seksi I jalan tol ini yang menghubungkan Jagorawi-Raya Bogor telah beroperasi sejak Februari 2012.

Totalnya yang hari ini diresmikan ada sekitar 3 seksi dari 2 ruas jalan tol tadi dari Pamulang hingga Jalan Raya Bogor sepanjang 14,5 kilometer. (**/red)