breaking news Baru

Jokowi Resmikan 6 Jembatan Baru Di Pantura, Habiskan Biaya Rp 292 M

Nasional, Buana Informasi TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan 6 jembatan sekaligus di jalur Pantai Utara Pulau Jawa. Peresmian 6 jembatan ini dilakukan di lokasi Jembatan Pemali Brebes B.


Adapun 6 jembatan yang diresmikan yakni Jembatan Pemali Brebes B dan Jembatan Pedes B di Kabupaten Brebes, Jembatan Kalibanger A di Kota Semarang, Jembatan Wonokerto II A di Kabupaten Demak, Jembatan Juana I A di Kabupaten Pati, dan Jembatan Pang I di Kabupaten Rembang.

Menurutnya jembatan-jembatan baru ini akan menggantikan beberapa jembatan dengan struktur callender hamilton (CH) yang ada di jalur utara Pulau Jawa. Jembatan-jembatan CH itu sudah berumur tua di atas 40 tahun.

"Kini di lintas utara kita resmikan 6 jembatan sebagai pengganti jembatan callender hamilton yang sudah lebih dari 40 tahun usia pelayanannya. Memang sudah tidak layak," beber Jokowi saat meresmikan jembatan yang disiarkan virtual, Rabu (3/1/2024).

Sehari-hari jembatan-jembatan CH yang diganti ini memiliki tugas berat menahan beban berat muatan dari kendaraan yang lewat lalu lalang di jalur utara, khususnya kendaraan barang.

"Karena beban berat yang melintas setiap hari di jembatan ini perlu pengganti baru sehingga beban menjadi lebih baik dan mobilitas orang barang dan logistik bisa berjalan cepat di atasnya," sebut Jokowi.

Sebelumnya, kemarin Jokowi juga meresmikan sederet jembatan di jalur selatan Pulau Jawa. Totalnya, di Pulau Jawa ada total 37 jembatan jenis Callender Hamilton yang harus diganti.

Adapun biaya konstruksi dari pembangunan 6 jembatan ini menyentuh angka Rp 292 miliar dengan total investasi senilai Rp 705 miliar. (**/red)