breaking news Baru

Satuan Binmas Polresta Bandar Lampung Lakukan Edukasi Warga Cegah Paham Radikal Di Pemilu 2024

Bandar Lampung, Buana Informasi TV – Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polresta Bandar Lampung, Polda Lampung melakukan edukasi dan penyuluhan di Aula Kantor Kelurahan Garuntang, Kecamatan Bumi Waras Kota Bandar Lampung, Kamis (21/12/2023) malam.

Dihadapan elemen masyarakat Kelurahan Garuntang, Kasat Binmas Polresta Bandar Lampung, Polda Lampung AKP Kurmen Rubiyanto menjelaskan bahwa, paham radikalisme dan ekstremisme merupakan tantangan serius yang dihadapi oleh banyak masyarakat di seluruh dunia termasuk salah satunya Indonesia.

"Terlepas dari latar belakang politik, budaya, atau agama, paham radikal dapat mengancam kedamaian dan stabilitas sosial," ungkap AKP Kurmen.

 

Kurmen juga mendorong adanya kesadaran di kalangan masyarakat tentang risiko dan dampak paham radikalisme serta ekstremisme.

Hal Ini bisa dilakukan melalui program pendidikan formal dan informal, serta melalui kampanye publik dan kegiatan komunitas.

Tampak hadir dalam kegiatan ini, Lurah Garuntang, Pokdar Kamtibmas Kelurahan Garuntang, Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat yang tergabung dalam FKPM, Ketua PPS Kelurahan Garuntang, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Linmas serta masyarakat sekitar.

"Di tahun Politik ini, hati hati dalam menerima informasi yang beredar, cek dahulu kebenarannya, saat ini penyebaran ideologi radikalisme banyak dilakukan melalui media sosial," imbuh AKP Kurmen.

Diakhir sambutannya, AKP kurmen menjelaskan bahwa pencegahan paham radikalisme dan ekstremisme memerlukan upaya bersama dari masyarakat, pemerintah, lembaga pendidikan, dan organisasi masyarakat sipil.

Kolaborasi yang kuat dan strategi yang komprehensif diperlukan untuk mengatasi akar masalah dan mencegah penyebaran paham radikal di masyarakat.

 

Kegiatan pembinaan dan penyuluhan yang dilakukan oleh Sat Binmas Polresta Bandar Lampung merupakan wujud komitmen Polresta Bandar Lampung dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif khususnya di wilayah Kota Bandar Lampung. (**/red)