breaking news Baru

PJ Wako Pimpin Upacara Peringati Hari Guru Dan HUT PGRI Ke-78

Lubuklinggau, Buana Informasi TV – Penjabat Walikota H Trisko Defriyansa memimpin upacara Memperingati Hari Ulang Tahun PGRI ke 78, bertempat di lapangan Perbakin di kelurahan Kayuara kecamatan Lubuklinggau barat I Kota Lubuklinggau, Kamis (30/11/2023).

Kegiatan yang dimulai pagi pukul 07.30 WIB ini, Turut hadir PJ Sekda H Tamri, Asisten I,II. III, Kapolres Lubuklinggau AKBP Indra Arya Yudha, Dandim 0406 Letkol Inf. Kuntoadi Setiawan, SE,M, Han, kepala dinas pendidikan dan kebudayaan, kasat pol PP Wallyusman, Kadishub, kadiskominfo, kaban Kesbangpol, camat barat I, serta segenap dewan guru tingkat Perguruan tinggi, SD, SMP, dan SMA se kota Lubuklinggau.

Dalam sambutannya PJ Walikota menyampaikan pidato sambutan Menteri Pendidikan Kebudayaan riset dan teknologi ”pada peringatan hari guru nasional tahun 2023, tahun ini mungkin menjadi tahun terakhir saya merayakan hari guru nasional sebagai Menteri Pendidikan Kebudayaan riset dan teknologi hal ini membuat saya merasa sedih karena saya pasti akan rindu bertemu dengan ibu dan bapak semua tapi di balik itu tersimpan rasa yakin dan optimis yang sangat kuat dalam benak saya saya yakin bahwa ibu dan bapak guru semua pendidik di seluruh Indonesia masih akan terus bergerak mewujudkan Merdeka.

belajar keyakinan ini tumbuh dari hal-hal yang berhasil kita capai bersama dalam 4 tahun terakhir tahun pertama Merdeka belajar kita menghapus ujian nasional dan memberi kepercayaan kepada guru untuk menilai hasil belajar muridnya kita menerapkan assessmen nasional agar kita semua berfokus menciptakan lingkungan belajar yang aman dan menyenangkan lingkungan belajar yang menumbuhkembangkan kemampuan literasi dan renumerasi serta karakter murid lalu di tahun berikutnya kita meluncurkan kurikulum Merdeka.

Tujuan perubahan kurikulum Merdeka memberikan petunjuk dalam mencapai tujuan itu kurikulum merdeka adalah kurikulum yang ditunggu-tunggu para guru karena tidak hanya meringankan beban murid berkat pengurangan pada jumlah materi dan penekanan pada pemahaman yang mendalam tetapi juga memerdekakan guru untuk mengelola kreativitas dan berinovasi dalam mengembalikan pembelajaran yang menyesuaikan yang menyenangkan menyesuaikan dengan kebutuhan murid belajar dan berbagi di antara sesama guru juga kini semakin luas dengan adanya platform Merdeka.

mengajar jutaan guru di seluruh Indonesia sekarang saling terhubung saling belajar dan menginspirasi satu sama lain dalam menerapkan kurikulum merdeka selanjutnya terobosan besar kita hadirkan dengan meluncurkan pendidikan guru penggerak program ini berbeda dari pelatihan guru yang sudah ada sebelumnya karena tujuan untuk mendorong lahirnya generasi guru kepala sekolah dan pengawas sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata terakhir yang juga sangat membahagiakan adalah kita sudah semakin dekat untuk mencapai target 1 juta guru ASN PPK guna memenuhi kebutuhan guru.

Sesuai dengan tema transformasi guru mewujudkan Indonesia maju ini betul-betul dapat terwujud karena seorang guru adalah digugu dan ditiru guru menjadi suri teladan bagi anak bibinya Oleh karena itu peranan guru mengantarkan putra-putri bangsa menuju Indonesia maju tahun 2045 adalah peranan yang sangat penting bagi guru untuk menghantarkan menuju Indonesia emas tersebut karena saya yakin dan percaya dulu berdasarkan sejarah yang pernah diceritakan oleh dan di 0406 Lubuklinggau pada saat pidato di kegiatan senam pagi dan gerak jalan santai bahwa ketika Perang Dunia ke-2.

ketika Hiroshima dan Nagasaki hancur lebur total di bom atom namun apa yang terjadi pada saat itu tidak yang dicari dulu panglima perang masih hidup apa tidak raja di mana perdana menteri di mana pasukan elit di mana tanya yang dihitung yang dihimpun berapa banyak guru yang masih hidup berapa banyak guru yang masih hidup ini menandakan bahwa dengan gurulah yang bisa menciptakan generasi-generasi yang pintar generasi-generasi yang cerdas generasi-generasi yang berakhlak Oleh karena itu Jepang mampu bangkit kembali menjadi negara adidaya dan adikuasa oleh karena itulah bercermin hal ini betapa pentingnya seorang guru.

oleh karena itulah tingkatkan kemampuan profesional Melalui guru penggerak matangkan kurikulum melalui Merdeka belajar jadikan sekolah adalah tempat yang menyenangkan bagi anak-anak di kita semua mudah-mudahan guru di Kota Lubuklinggau ini menjadi guru yang terbaik di Sumatera Selatan dan tidak mungkin menjadi guru yang terbaik di Indonesia.

Terimakasih kepada semua peserta upacara yang hadir baik perguruan tinggi, SMA,SD SMP dan seluruh petugas upacara yang melaksanakan upacara di pagi hari ini dengan tertib hikmat dan insya Allah mempunyai makna yang dalam bagi kita di hari guru dan hari PGRI ke-78 ini,”pungkasnya. (**/ari)