PUPR Mulai Uji Coba Sistem Bayar Tol Tanpa Stop

Nasional, Buana Informasi TV - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau simulasi penerapan sistem bayar tol tanpa setop alias Multi Lane Free Flow (MLFF). Adapun kunjungan tersebut dilaksanakan di Jalan Tol Bali-Mandara, Rabu (22/11/2023).
Basuki mengatakan, uji coba MLFF ini adalah transisi. Seperti halnya dulu dengan peralihan dari transaksi cash menjadi non cash seperti tapping e-money. Menurutnya, transisi ini pasti membutuhkan waktu untuk mengubah kebiasaan masyarakat.

"Teknologinya pasti sudah siap, tantangannya bagaimana implementasinya kepada masyarakat. Saya optimis proses ini akan berjalan lancar. Ini proses untuk lebih maju dengan memanfaatkan teknologi," ujarnya, dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (23/11/2023).

Basuki berpesan agar dalam awal penerapan MLFF, dilaksanakan sosialisasi yang cukup jelas bagi masyarakat yang ingin mencoba teknologi tersebut. Dengan demikian, masyarakat punya kesempatan untuk mempersiapkan diri terlebih dulu.

"Agar diberikan papan informasi yang jelas untuk jalur khusus uji coba penerapan MLFF sehingga masyarakat siap dari saat sebelum masuk Jalan Tol Bali-Mandara," kata Basuki.

Sementara itu, Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Triono Junoasmono mengatakan, pada tahap awalan uji coba transisi ini, MLFF hanya akan diberlakukan di lajur 4 Gerbang Tol Ngurah Rai. Sedangkan penerapan pada seluruh lajur gerbang tol baru akan dilakukan mulai Maret 2024.

"Uji coba telah dimulai sejak Minggu ke-2 November 2023 dan akan terus disempurnakan kesiapan alat dan simulasinya. Direncanakan mulai 12 Desember 2023 hingga Januari 2024 untuk peluncuran uji coba terbatas khususnya bagi kendaraan pegawai pemerintah," jelas Triono.

Dalam uji coba ini, pembayaran tol masih dilakukan secara hybrid, yakni masih tersedia tapping e-money. Kementerian PUPR juga akan terus melakukan evaluasi terhadap simulasi pelaksanannya. Harapannya, proses transisi bisa berjalan cepat dan lancar.(**/red)