breaking news Baru

3 Agenda Ekonomi Utama Negara Asean Di KTT APEC

Nasional, Buana Informasi TV - Negara-negara Asia Tenggara membentuk sebuah forum khusus bernama Kaukus ASEAN dalam KTT Asia Pacific Economic Cooperation (APEC). Forum ini digagas langsung oleh Indonesia.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sudah hadir dalam forum tersebut. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut forum ini dibentuk agar suara negara-negara ASEAN lebih kuat, khususnya untuk urusan kebijakan ekonomi secara internasional.


"Jadi ASEAN Caucus diinisiasi pendiriannya oleh Indonesia selama keketuaan Indonesia di ASEAN. Tujuannya apa? Agar suara ASEAN lebih solid dan terdengar di dalam konteks APEC-nya, maka perlu dibentuk Caucus ini," ungkap Retno, Kamis (16/11/2023).
Retno mengatakan Jokowi menyambut baik pendirian ASEAN Caucus. Jokowi juga menyampaikan ada 3 agenda penting yang harus dibawa negara ASEAN dalam KTT APEC. Percepatan transisi energi, pencapaian netralitas karbon, hingga urusan pembayaran lintas negara.
"Presiden juga menyampaikan ada 3 bidang yang penting untuk difokuskan, pertama percepatan transisi energi, kedua pencapaian netralitas karbon, ketiga pembayaran digital lintas negara," beber Retno.


Jokowi, kata Retno, juga menyampaikan kepada anggota kaukus untuk bersinergi dan berkolaborasi untuk menjaga kepentingan ASEAN di APEC dan mengupayakan terwujudnya ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi lewat hasil pembicaraan di APEC.
"Ini sejalan dengan salah satu subtema dari keketuaan Indonesia di ASEAN, ASEAN is epicentrum of growth," pungkas Retno.(**/red)