breaking news Baru

Polres Pesawaran Terus Intens Lakukan Upaya Edukasi Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Sukseskan Pemilu 2024

Pringsewu, Buana Informasi TV – Aparat Kepolisian Polres Pringsewu yang tergabung dalam satgas Preemtif Operasi mantap Brata, pengamanan pemilu 2024, terus intens melakukan upaya edukasi dan penyuluhan guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam rangka suksesnya Pemilihan Umum 2024 mendatang.

Kegiatan penyuluhan yang melibatkan berbagai kelompok masyarakat, mulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama, aparat desa dan masyarakat umum lainya ini dilaksanakan secara massif ke desa-desa dengan melibatkan personel bhabinkamtibmas dan polisi RW. 

Salah satunya seperti yang dilaksanakan Ipda Ratno dan Aipda Sutino pada Rabu pagi (15/11), mereka bersinergi dengan aparatur Pekon Tritunggal Mulya dan Srirahayu mengajak masyarakat untuk mensukseskan pemilu serentak 2024 dengan hadir dan memberikan hak suara pada saat pemungutan suara. 

Selain menyampaikan pentingnya berdemokrasi, dalam kesempatan itu, Polisi juga mengimbau masyarakat untuk tidak terjebak polarisasi. Ia menyampaikan perbedaan pilihan politik adalah hal wajar dan demokrasi namun hal tersebut tidak seharusnya menjadi penyebab perpecahan di tengah masyarakat

Selain itu, polisi juga mengimbau warga untuk mewaspadai maraknya berita hoax dan provokatif serta kampanye negative yang saling menjelek jelekkan lawan politik. Ia mengajak warga untuk menjaga kerukunan, sikap toleransi, persatuan dan kesatuan yang selama ini sudah terbangun dengan baik.

Kasat Binmas Iptu Mardiyono mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Benny Prasetya menjelaskan bahwa Polres Pringsewu sangat serius dalam menjalankan tugasnya untuk menjaga keamanan selama pelaksanaan pemilihan umum 2024. Upaya edukasi yang dilakukan melibatkan berbagai pihak, termasuk tokoh masyarakat dan agama, merupakan langkah konkret untuk meningkatkan partisipasi dan memastikan jalannya pemilu dengan damai serta berintegritas.

Menurut Mardiyono, peran aktif dari tokoh masyarakat, tokoh agama, aparat desa, dan masyarakat umum sangat penting dalam menciptakan kesadaran akan pentingnya pemilu dan hak suara. Keterlibatan personel bhabinkamtibmas dan polisi RW dalam kegiatan penyuluhan di desa-desa juga diharapkan dapat memperkuat hubungan antara kepolisian dan masyarakat.

“Kepolisian Polres Pringsewu berkomitmen untuk menciptakan kondusifitas keamanan selama pelaksanaan tahapan pemilu. Dengan pendekatan preemtif melalui kegiatan edukasi dan penyuluhan, diharapkan masyarakat dapat lebih terlibat dan berkontribusi aktif dalam menjaga keamanan dan suksesnya pemilu 2024 di wilayah mereka.” Tandasnya (**/red)