breaking news Baru

Kejati Lampung Amankan Seorang Wanita Yang Menjadi Joki Tes CPNS Kejaksaan

Nasional, Buana Informasi TV- Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung menangkap seorang wanita yang menjadi joki tes SKD CPNS Kejaksaan 2023. Pelaku telah diserahkan ke Polda Lampung.


Kasipenkum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung Ricky Ramadhan membenarkan hal tersebut. Saat ini pelaku telah diserahkan ke Mapolda Lampung untuk dilakukan penyelidikan.
"Benar, kemarin sekitar pukul 15.00 WIB, kami amankan seorang wanita yang menjadi joki tes SKD CPNS Kejaksaan," katanya, Selasa (14/12/3033).


Menurut Ricky, penangkapan terhadap pelaku berinisial RT itu terjadi di di Gedung Graha Achava Join, Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampung.
"Kami amankan yang bersangkutan ini pada saat pelaksanaan tes di Gedung Graha Achavan Join, kami bersama tim panitia," tuturnya.


Penangkapan RT berawal dari kecurigaan panitia terhadap pelaku yang tidak ada kecocokan pada saat proses registrasi.
"Awalnya ini pada saat proses registrasi, panitia menemukan ketidakcocokan pada saat registrasi data. Ketika peserta tersebut akan melakukan registrasi pengambilan PIN, pada aplikasi ditemukan terjadi ketidakcocokan wajah asli dengan foto pada data aplikasi," terang dia.


Adapun modus operandi yang digunakannya yakni menyamar sebagai peserta dengan memakai pakaian hitam putih mengikuti tes.
"Modus pelaku ini, mengikuti tes layaknya peserta dengan membawa nomor peserta ujian dan KTP. Namun ketika memasuki meja registrasi dan dilakukan pemeriksaan wajah serta identitas, wajahnya tidak dapat terdeteksi oleh aplikasi registrasi, maka panitia menyarankan untuk menunggu terlebih dahulu di kursi peserta," jelas Ricky.


"Saat panitia melakukan pemeriksaan lebih lanjut ternyata diketahui bahwa foto di KTP-nya sama dengan KTP peserta lain yang tertinggal di hari sebelumnya. Maka Tim Panitia menyampaikan kepada Tim PAM SDO Intelijen dan segera mengamankan peserta tersebut," tandasnya.(**/red)