breaking news Baru

Polres Pringsewu Himbau Masyarakat Agar Waspada Terhadap Berita HOAX Jelang Pemilu 2024

Pringsewu, Buana Informasi TV - Polres Pringsewu, Polda Lampung tengah aktif menyelenggarakan program edukasi dan memberikan imbauan kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap berita bohong (hoax) dan provokatif menjelang pemilu serentak tahun 2024.

Pernyataan ini disampaikan oleh Kasat Binmas Polres Pringsewu, Iptu Mardiyono, melalui keterangan tertulisnya pada Jumat (3/11/2023).

Iptu Mardiyono menjelaskan bahwa upaya edukasi tidak hanya dilakukan oleh personel Sat Binmas, tetapi juga melibatkan personel Polisi RW dan Bhabinkamtibmas. Mereka turun ke desa-desa binaan untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas, termasuk sosialisasi tentang peningkatan penyebaran berita hoax menjelang Pemilu.

"Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat, kami mengingatkan agar tetap waspada terhadap berita hoax, provokatif, dan penyebaran informasi yang tidak jelas sumber dan kebenarannya selama periode pemilu. Kami juga mengajak mereka untuk bersikap bijak dalam menggunakan media sosial dan tidak menyebarkan informasi yang belum terverifikasi," ungkap Iptu Mardiono.

Kasat Binmas berharap agar seluruh lapisan masyarakat dapat aktif mendukung Polri dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), serta menolak segala bentuk berita hoax dan ujaran kebencian berbau SARA yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan.

Terkait perbedaan pilihan politik, Iptu Mardiyono juga mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menciptakan situasi aman dan kondusif di Bumi Jejama Secancanan, serta mendukung kelancaran penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024.

“Perbedaan pilihan merupakan hal yang wajar dalam demokrasi. Kami mengajak semua pihak untuk tidak menjadikan perbedaan tersebut sebagai alat perpecahan, melainkan sebagai alat pemersatu,” tambahnya. (**/red)