breaking news Baru

4.935 Kotak Suara Pemilu 2024 Telah Tiba Di Gudang Logistik KPU Lampung Barat Masihh Kurang Dari Jumlah Kebutuhan

Lampung Barat, Buana Informasi TV - Sebanyak 4.935 kotak suara Pemilu 2024 telah tiba di gudang logistik KPU Lampung Barat yang berada di Way Mengaku, Lampung Barat, Lampung.

Kasubbag Keuangan, Umum dan Logistik KPU Lampung Barat, Amat Ariyanto mengatakan pengiriman kotak suara Pemilu 2024 tersebut dilakukan dua kali.

“Kemarin malam datang satu truk fuso berisi kotak suara ke gudang logistik, selanjutnya disusul sore harinya satu truk fuso lagi,” ujar dia mewakili Ketua KPU Lampung Barat, Sabtu (28/10/2023).

“Saat ini semua kotak suara tersebut sudah berada di dalam gudang logistik dengan kondisi yang masih tersegel dibungkus plastik,” sambungnya.

Amat menjelaskan, 4.935 kotak suara yang dikirim tersebut masih kurang dari umlah kebutuhan kotak suara untuk kabupaten berjuluk Negeri di Atas Awan ini.

“Karena kebutuhan di sini sebanyak 4.940 kotak suara, namun ternyata yang dikirim baru 4.935 kotak suara,” jelas dia.

“Jadi kurang lima kotak suara lagi. Tapi nanti akan dipenuhi lagi oleh penyedianya yang berasal dari Tanggerang,” tambahnya.

Terkait kekurangan kotak suara itu, ungkap Amat, KPU Lampung Barat sudah melaporkan ke KPU Provinsi Lampung pasca pengiriman.

Saat ini pihaknya juga hanya bisa menunggu terkait pengiriman dan belum bisa memastikan kapan kotak suara tersebut akan dikirim kembali.

“Ya kita tunggu saja kabarnya nanti, kalau untuk sekarang belum bisa memastikan kapan. Yang penting kita sudah laporan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, tambah dia, jumlah kebutuhan sebanyak 4.940 kotak suara di Lampung Barat itu nantinya akan kembali dipisahkan.

“Karena yang 4.910 kotak suara itu nanti punya Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Lampung Barat,” sebutnya.

“Kemudian yang 30 itu punya PPK. Jadi per kecamatan itu dapat dua, kita di sini ada 15 kecamatan,” tambahnya.

Selain kotak suara, selanjutnya akan dilakukan pengiriman logistik lainnya yakni bilik suara untuk pencoblosan.

Jumlah bilik suara yang dikirim nanti sebanyak empat kali dari jumlah 982 TPS yang ada di Lampung Barat.

“Terkait pengiriman bilik suara pasti akan segera dilakukan, tapi belum tau kapan jadwalnya. Setelah pengiriman kotak suara ini selesai pastinya,” katanya.

“Sementara itu dulu yang bisa diinformasikan, untuk informasi selanjutnya akan kami infokan kembali secepatnya,” pungkasnya.

Sebelumnya, KPU Lampung Barat memastikan gudang logistik di wilayah setempat jelang Pemilu 2024 telah siap untuk digunakan.

Pengecekan kesiapan gudang logistik itu dilakukan langsung oleh Ketua Divisi Logistik KPU Provinsi Lampung, Titik Sutriningsih pada Sabtu (14/10/2023).

Ketua KPU Lampung Barat, Arip Sah mengatakan, berdasarkan hasil pengecekan, gudang logistik telah siap untuk menunjang keperluan Pemilu.

“Prinsipnya untuk kesiapan gudang logistik terkait Pemilu Inshaallah siap dan sudah mencukupi kalau hitungan kita,” ujar dia, Senin (16/10/2023).

“Untuk pengecekan kesiapan pemilu kaitan dengan logistik itu, hari Sabtu lalu dari provinsi sudah datang untuk mengecek,” terusnya.

Arip mengatakan, berbagai tahapan untuk menuju pesta demokrasi tahun 2024 mendatang sedikit-sedikit mulai mereka lewati.

Dirinya juga menyatakan siap untuk terus menjalani tahapan-tahapan selanjutnya untuk terciptanya Pemilu yang sukses.

“Tentunya kami menyatakan akan selalu siap menjalani tahapan-tahapan yang terus berjalan hingga saat ini,” pungkasnya. (**/red)