Jokowi Pastikan BLT Untuk Dampak El Nino Akan Turun Bulan November

Nasional, Buana Informasi TV - Pemerintah memutuskan untuk kembali menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) untuk menjaga daya beli masyarakat. Kali ini, BLT diberikan merespons dampak siklus cuaca kering El Nino.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan BLT khusus untuk dampak El Nino bakal disalurkan sebentar lagi, tepatnya di bulan November mendatang.

"Selain itu, karena ada super El Nino, dan kita tahu ini jangan sampai kurangi daya beli rakyat dan masyarakat. Kita juga akan keluarkan BLT El Nino," ungkap Jokowi usai meninjau Gudang Bulog Rawang Timur, Padang, ditulis Kamis (26/10/2023).

Jokowi menjabarkan pemerintah akan menggelontorkan BLT senilai Rp 400 ribu untuk dua bulan. BLT diberikan sebanyak Rp 200 ribu per bulan untuk bulan November hingga Desember 2023.

"Ini dilakukan pada bulan November-Desember, Rp 200 ribu-Rp 200 ribu, jadi total Rp 400 ribu," beber Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan BLT El Nino akan diberikan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) penerima sembako. Sri Mulyani mengalokasikan Rp 7,52 triliun kepada Kementerian Sosial untuk melaksanakan BLT El Nino tersebut.

"18,8 juta ini adalah kelompok penerima yang nama, alamat dan nomor account ada di Kementerian Sosial sehingga kita tidak mencari lagi siapa targetnya. Mereka akan mendapatkan Rp 200 ribu/bulan," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTA, Rabu (25/10/2023). (**/red)