breaking news Baru

BEM SI Akan Berdemo 'Geruduk Istana' Dengan Beberapa Tuntutan

Nasional, Buana Informasi TV - Kelompok mahasiswa yang menyebut dirinya sebagai Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) bakal berdemonstrasi siang nanti di Jakarta Pusat. Mereka mengusung judul demonstrasi 'Geruduk Istana'.
"Titik aksi kita pusatkan di Patung Kuda (sebelah barat daya Monas, sekitar 1 km dari kompleks Istana Kepresidenan -red). Jam 13.00 sudah mulai kumpul," kata Koordinator Media BEM SI, Ragner Angga, dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (20/10/2023).

Unjuk rasa 'Geruduk Istana' ini merespons putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang dinilai mereka dapat melanggengkan praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Sebagaimana diketahui, MK telah memutuskan bahwa orang usia di bawah 40 tahun ke bawah dapat maju sebagai capres-cawapres asalkan sudah pernah menjabat kepala daerah.

"Aksi ini juga bertepatan dengan momentum sembilan tahun Jokowi menjabat sebagai Presiden. BEM SI berpandangan bahwa Jokowi telah mengkhianati reformasi. Terbukti dari berbagai kemunduran dan kebobrokan dari segi hukum, HAM, komersialisasi pendidikan, represivitas aparat, konflik agraria, dan investasi yang membelakangi hak-hak rakyat," kata Ragner.
Mereka sudah memberitahukan rencana unjuk rasa ke kepolisian. Mereka memperkirakan bakal ada 5.000 orang yang bakal ikut demonstrasi siang nanti, terdiri dari BEM pelbagai kampus perguruan tinggi.

Berikut tuntutan BEM SI dkk dalam demo nanti:

1. Wujudkan Pendidikan yang Demokratis dan Ilmiah
2. Tegakkan Reformasi Hukum
3. Berantas KKN
4. Tolak DwiFungsi TNI/Polri
5. Tingkatkan Aksesibilitas dan Equitas Layanan Kesehatan
6. Usut Tuntas Kekerasan Aparat
7. Usut Tuntas Konflik di Daerah PSN
8. Wujudkan Pemilu yang Adil dan Bersih
9. Putihkan Noktah Hitam Lingkungan
10. Usut Tuntas Berbagai Pelanggaran HAM Berat
11. Wujudkan pemerataan pembangunan dan pembangunan berdasar HAM
12. Perbaiki sistem pertanian di Indonesia
13. Tinjau ulang sistem perekonomian Indonesia
(**/red)