breaking news Baru

Kementrian PUPR Membuka Lelang Proyek Pembangunan Bandara VVIP Di IKN

Nasional, Buana Informasi TV - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka lelang untuk proyek pembangunan Bandara VVIP di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Adapun nilai paket pembangunan ini menyentuh angka Rp 4,28 triliun.
Dikutip dari laman LPSE Kementerian PUPR, Selasa (3/10/2023), anggaran untuk pembangunan proyek ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) T.A. 2023.

Lelang ini dibuka dalam pemenuhan sebagian kebutuhan pembangunan Bandara VVIP sisi landasan udara untuk paket konstruksi fisik di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.


"Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Timur membangun Bandara VVIP (Sisi Landasan Udara) dengan tujuan meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas tamu penting (VVIP) dari dan menuju kawasan IKN melalui transportasi udara," bunyi uraian singkat dalam dokumen lelang tersebut.

Pengumuman lelang ini telah dipublikasikan sejak Jumat (29/9/2023), dan memiliki batas pendaftaran sampai dengan tanggal 9 Oktober 2023. Penetapan pemenang lelang akan diumumkan pada 26 Oktober 2023, dengan target penandatanganan kontrak dilaksanakan pada 1 November 2023.

Sebagai tambahan informasi, baru-baru ini Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Bandara VVIP di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bakal dibangun pada 1 November 2023. Lokasi pembangunan bandara VVIP di IKN telah ditetapkan dan memasuki finalisasi gambar dan akan memulai proses tender.


Budi Karya sendiri baru saja melakukan kunjungan ke lokasi proyek Bandara VVIP yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Bila sesuai dengan rencana, pembangunan bandara bakal kelar Juli 2024.

"Kita rencanakan 1 November 2023 sudah mulai konstruksi dan diharapkan selesai pertengahan Juli 2024," ujar Budi Karya dalam keterangannya, Jumat (22/9/2023).

Lebih lanjut Budi Karya menjelaskan, Bandara VVIP IKN memiliki runway 3000 x 45 meter dan mampu didarati pesawat berbadan besar jenis Boeing 777-300 ER dan Airbus A380.

Adapun kapasitas apron mampu menampung 3 pesawat berbadan besar alias wide body ditambah 1 pesawat berbadan kecil atau narrow body. Apron ini juga mampu menampung maksimal 7 pesawat narrow body, tanpa ada pesawat wide body.

Apron Bandara VVIP IKN juga memiliki landasan pacu untuk helikopter alias helipad. Kapasitasnya dapat menampung 3 helikopter. Bandara ini juga dibangun sangat dekat dengan pusat kota IKN Nusantara. Jaraknya cuma 15 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu 20 menit. (**/red)