breaking news Baru

Bupati Pesawaran, Membuka Rapat Koordinasi Dan Pelantikan Ketua Dan Pengurus DPC ABDESI

Pesawaran, Buana Informasi TV - Bupati Kabupaten Pesawaran, Dendi Ramadhona membuka rapat koordinasi dan pelantikan ketua dan pengurus DPC ABDESI Kabupaten yang berjuluk Bumi Andan Jejama ,di gedung GSG kabupaten setempat.

Dalam kesempatan itu Dendi Ramadhona mengingatkan kepada seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Pesawaran tentang penguatan perekonomian melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Dikatakan Bupati, sejauh ini pengelolaan BUMDes di Kabupaten Pesawaran belum berjalan maksimal.

“Per tanggal 17 Agustus 2023 setidaknya dari 142 BUMDes yang terdata, hanya 63 BUMDes yang telah memenuhi persyaratan badan hukum dan telah terdaftar,” kata Bupati Dendi, Selasa (22/08/2023).

“Hanya Kecamatan Teluk Pandan yang sudah seratus persen desanya melengkapi persyaratan dan terregistrasi BUMDes nya, lainnya masih kurang lengkap bahkan ada yang belum mendaftarkan badan hukumnya,” ujar dia.

Kemudian, Dendi juga memberikan reward kepada desa yang telah berhasil mengembangkan Bumdesnya melalui penilaian yang telah dilakukan.

“Hasil rekapitulasi lomba BUMDes Pesawaran yang sudah dinilai maka memutuskan BUMDes Tunas Jaya Asri dari Desa Caringin Asri, Kecamatan Way Ratai, dengan nilai 83,5 menjadi juara dan mendapatkan satu unit motor operasional,” ungkap Bupati.

Dalam kesempatan itu,Bupati Dendi juga menyampaikan jika tugas Kepala Desa ke depan akan lebih berat, maka dari itu perlu adanya inovasi dan gagasan yang tepat.

“Sesuai arahan Pemerintah Pusat, penanganan stunting harus jadi perhatian, kita melalui Ketua TP PKK Pesawaran telah melaunching program Beraksi Bersama Turunkan Stunting (BESTI) tolong ini juga didukung. Saat ini Pemerintahan Desa juga dituntut untuk menciptakan roda pemerintahan yang produktif melalui perencanaan dan pelaksanaan kegiatan harus dikuatkan lagi,” tambahnya.

Bupati Dendi juga mengucapkan selamat kepada kepengurusan APDESI Pesawaran yang baru.

“Saya lihat kepengurusan saat ini telah mempresentasikan setiap Kecamatan, pengkaderannya berhasil, saya berharap APDESI bisa menjadi wadah dengan filosofinya kolektif kolegial, jadi saya ucapkan selamat bertugas kepada pengurus yang baru,” kata dia.

Ditempat yang sama, Ketua DPD APDESI Provinsi Lampung Suhardi Buyung menerangkan APDESI Pesawaran beruntung memiliki Bupati yang perhatian.

“Di Provinsi Lampung mungkin hanya pak Dendi yang perhatian luar biasa terhadap Kepala Desa, dimana dari pelaksanaan Muscab hingga pelantikan pak Dendi selalu hadir, ini bentuk bapak yang perhatian terhadap anaknya, jadi kita sebagai anak jangan sampai durhaka kepada bapak kita,” pesan dia.

Suhardi juga berpesan, kedepannya APDESI Pesawaran bisa lebih solid dan melahirkan program yang baik untuk masyarakat.

“Saya minta kepada Kepala Desa saat ini untuk menghindari adanya persoalan hukum, apalagi nantinya Dana Desa juga akan naik, semua harus sesuai regulasi mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan,” imbaunya.

Sementara itu, Ketua DPC APDESI Kabupaten Pesawaran Hermansyah meminta kepada jajaran Kepala Desa di Kabupaten Pesawaran untuk bisa mendukung kepengurusan APDESI yang baru.

“Saya berharap kepada rekan Kades, APDESI merupakan rumah kita jadi tolong berikan saran dan kritik kepada pengurus yang sifatnya membangun, karena kita punya cita-cita yang besar,” ucap Herman.

“Saya juga minta arahan dan dukungan kepada pak Bupati, dan sinergitas yang baik dengan seluruh dinas instansi serta seluruh lembaga yang ada di Kabupaten Pesawaran, untuk APDESI yang lebih maju,” tandasnya.(**/red)