breaking news Baru

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Bengkulu - Taba Penanjung

Taba Penanjung, Buana Informasi TV - Presiden Republik Indonesia Ir.Joko Widodo meresmikan ruas Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung, Provinsi Bengkulu, Kamis (20/7/2023). 

Dengan beroperasinya tol ini, diharapkan memacu aktivitas ekonomi dan mengungkit pariwisata daerah yang bermuara pada kesejahteraan warga.

Jalan tol sepanjang 16,7 kilometer (km) ini merupakan yang pertama di Bengkulu dan menjadi bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatera Bengkulu-Lubuklinggau sepanjang 95,8 km. Presiden berharap, dibukanya jalur tol yang menelan biaya pembangunan hingga Rp 4,8 triliun ini bisa memicu kegiatan ekonomi untuk memperlancar transportasi orang ataupun barang (logistik) di wilayah Bengkulu.

”Dengan dibukanya jalan tol ini, diharapkan bisa memperlancar mobilitas logistik sehingga dapat menekan inflasi dan harga barang,” ujar Presiden.

Presiden juga berharap jalan tol ini dapat menciptakan titik ekonomi baru yang bisa meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi Bengkulu. ”Dengan begitu, daya saing di Bengkulu akan meningkat lebih baik,” katanya.

Sementara kelanjutan ruas tol yang lain, yakni jalur Taba Penanjung-Kepahiang (24,6 km) dan Kepahiang-Lubuklinggau (54,5 km) masih dalam persiapan. ”Semua dalam persiapan, segala prosesnya sedang berjalan,” ucap Presiden. (**/red)