Rapat Koordinasi Nasional Kick Off P3PD : Kapasitas Pemerintah Dan Kualitas Desa Sebagai Faktor Kunci Keberhasilan Pembangunan Desa

Pesawaran,Buana informasi TV - Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Nur Asikin menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional Kick Off Program Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD) tahun 2023.

Bupati Dendi mengatakan, pemerintah berupaya untuk mewujudkan desa yang maju dan sejahtera serta membawa perubahan sistem pembinaan dan pengawasan kepada desa juga pemerintah daerah melalui inovasi pengembangan sistem peningkatan kapasitas yang lebih efisien serta turut andil dalam memajukan desa melalui aparatur di desa. 

"Pemerintah Kabupaten Pesawaran sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini dalam upaya memajukan Desa. Kami juga terus mendorong dan memotivasi agar desa-desa di Bumi Andan Jejama dapat mandiri dan sejahtera sesuai dengan program Desa Digital dan Desa Wisata yang terus digalakkan," kata Dendi, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Selasa 11 Juli 2023.

"Hal itu merupakan dukungan dalam mewujudkan Visi Kabupaten Pesawaran yaitu lebih maju dan sejahtera dengan masyarakat yang produktif serta dengan Misinya yaitu mewujudkan desa mandiri sebagai titik berat pembangunan berbasis kemasyarakatan dan potensial lokal yang berlandaskan pemberdayaan masyarakat, kemitraan, gotong royong dan bhinneka tunggal ika," timpalnya.

Dirinya menjelaskan, saat ini beberapa Desa di Kabupaten Pesawaran menjadi percontohan untuk tingkat Provinsi dan Nasional. Dirinya mohon bimbingan dan pembinaan Kementerian Dalam Negeri, Pemerintah Provinsi maupun dukungan langsung Aparatur TNI dan Polri.

"Harapannya peningkatan kapasitas pemerintahan dan kualitas desa diyakini sebagai faktor kunci keberhasilan pembangunan desa melalui Program Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD)," ujar dia.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian menyatakan bahwa sebagai Kemendagri merupakan tanggung jawabnya adalah memastikan efektivitas pemerintahan di seluruh negeri, termasuk penguatan pemerintah dan pembangunan desa. 

"Kami menyadari bahwa desa-desa merupakan elemen penting dalam pembangunan nasional, dan upaya penguatan pemerintah dan pembangunan desa harus menjadi perhatian utama kita," kata Tito Karnavian. 

Menurutnya penguatan pemerintah dan pembangunan desa bukanlah tugas yang mudah, tetapi dengan tekad dan kerja sama yang kuat, akhirnya dapat mengatasi tantangan yang ada. 

"Kami berkomitmen untuk memberikan dukungan yang diperlukan kepada pemerintah daerah dalam merencanakan dan melaksanakan program-program pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif," pungkasnya.(**/red)