breaking news Baru

KSE Unila Partisipasi Dalam Gerak Tanam Pohon Serentak Di 40 Titik

Bandar Lampung, buanainformasi.tv - Ikatan Karya Salemba Empat (KSE) Unila menjadi partisipan dalam kegiatan Gerakan Tanam Pohon Serentak di 40 Titik Se-Indonesia di Kantor UPTD KPHK Tahura Wan Abdul Rachman, Pesawaran, Minggu (15/9/2024).

Kegiatan ini diusung oleh Yayasan Alumni Ekonomi Salemba 74 (YAES 84) dan melibatkan 35 Perguruan Tinggi Negeri, salah satunya Universitas Lampung. Acara resmi dibuka dengan kick-off yang berlangsung di Kampoeng Kepiting, Bali.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda, akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

Dengan meningkatnya isu perubahan iklim dan deforestasi, KSE berharap gerakan ini dapat memberikan kontribusi nyata dalam menjaga kelestarian alam Indonesia.

Adapun total bibit pohon yang akan ditanam berjumlah 4.000-an bibit terdiri dari berbagai jenis pohon kayu, buah, bakau, dan pohon hias, yang tersebar di seluruh nusantara.

Nantinya, penanaman dilakukan di 40 titik, mulai Aceh hingga Papua.

Pada kesempatan ini, KSE Unila berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam kegiatan, termasuk Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Way Seputih – Way Sekampung.

Yang berperan sebagai penyedia bibit, serta komunitas lingkungan lokal seperti Mapala Unila, Green Generation, dan Seribu Pohon.

Penanaman pohon di Lampung dilaksanakan di Kantor UPTD KPHK Tahura Wan Abdul Rachman, pada 15 September 2024.

Seratus bibit pohon ditanam, terdiri dari pohon sirsak, jambu biji, salam, ketapang kencana, dan pulai. Sejumlah tanaman ini dipilih untuk mendukung keberlanjutan lingkungan dan memberikan dampak positif pada ekosistem lokal.

Melalui kegiatan ini, KSE berharap kolaborasi dan komitmen yang terbangun antara akademisi, komunitas, dan lembaga pemerintah dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat luas untuk terus menjaga kelestarian alam.
“Kami percaya pelestarian lingkungan harus dimulai dari langkah kecil yang konsisten. Dengan menanam pohon hari ini, kami menaruh harapan untuk masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan,” ujar perwakilan KSE Unila.

Karya Salemba Empat (KSE) sendiri merupakan yayasan yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pemberian beasiswa kepada mahasiswa berprestasi di berbagai perguruan tinggi Indonesia.

Melalui programnya, KSE ikut berkontribusi dalam pembangunan sumber daya manusia dan pengembangan kepedulian terhadap lingkungan.(**/red)