breaking news Baru

Peresmian Program Gerakan Terpadu Kampung Pesisir

Tanggamus, buanainformasi.tv - Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Suaidi menghadiri peresmian Program Gerakan Terpadu Kampung Pesisir (GARDU KASIR) di Pekon Way Nipah, Kecamatan Pematang Sawa, Rabu (4/9/2024).

Suaidi mengatakan, kampung pesisir di Pekon Way Nipah tersebut menjadi simbol komitmen pemerintah untuk mendukung masyarakat.

“Ya, ini menjadi sejarah dan simbol komitmen mendukung masyarakat di kawasan pesisir,” kata Suaidi.

Suaidi menjelaskan, Gardu Kasir ini bertujuan menghimpun kegiatan yang berkaitan dengan pembangunan di wilayah pesisir.

Dalam upaya percepatan pembangunan wilayah pesisir, sebelumnya Pemkab Tanggamus juga telah meluncurkan program GEMPITA (Gerakan Membangun Masyarakat Pesisir Tanggamus) yang dilaksanakan sejak tahun 2023.

Kemudian, pada program Gardu Kasir ini, pihaknya melakukan penyediaan desain pengembangan kawasan serta rancangan program kegiatan pemberdayaan masyarakat pesisir, yang bermuara pada satu visi.

“Jadi, Gardu Kasir ini merupakan salah satu bentuk penerapan GEMPITA dalam program kegiatan di Kabupaten Tanggamus,” ucapnya.

Melalui Gardu Kasir ini, kita bertekad untuk meningkatkan kapasitas masyarakat pesisir, baik dalam hal teknologi perikanan, pengelolaan sumber daya alam, maupun dalam pengembangan produk unggulan yang memiliki nilai tambah, dengan demikian kesejahteraan dan kemandirian masyarakat.

Sementara itu, Kepala Pekon Way Nipah Afrial, menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan Pemkab Tanggamus serta pemerintah pusat, provinsi.

Afrizal mengatakan, dengan adanya bantuan ini bisa berguna bagi masyarakat serta bisa digunakan dengan baik untuk membantu dalam penangkapan ikan terutama bantuan alat tangkap ini.(**/red)