breaking news Baru

Samsung Bakal Hadirkan Konektivitas Satelit di Smartphone

Nasional, buanainformasi.tv - Samsung tampaknya semakin dekat untuk menambahkan fitur komunikasi satelit ke jajaran smartphone Galaxy-nya. Berdasarkan laporan dari Android Authority, mereka menemukan string kode yang terkait dengan hal ini di aplikasi seluler. Kode tersebut mengisyaratkan bahwa ponsel Samsung Galaxy akan segera menerima peningkatan ini.

Secara spesifik, penyebutan mode satelit dan teks darurat melalui satelit ditemukan di aplikasi Emergency SOS, Messages, dan Phone milik Samsung. Hal ini mengisyaratkan bahwa raksasa teknologi ini sedang mempersiapkan diri untuk memasuki perlombaan konektivitas satelit yang dimulai oleh Apple.
Namun, masih belum jelas kapan fitur tersebut akan dirilis atau model ponsel yang kompatibel.

Menurut laporan Android Authority, fitur ini mungkin akan memulai debutnya dengan sistem operasi Android 15, meskipun untuk mengintegrasikannya ke dalam antarmuka One UI 7 milik Samsung mungkin akan memakan waktu lebih lama.

Samsung memperkenalkan komunikasi satelit pada ponselnya bukanlah hal yang mengejutkan. Fitur ini telah dirumorkan sejak Apple memperkenalkan konektivitas satelit dengan iPhone 14.
Eksekutif Samsung Park Yong-in bahkan menjanjikan konektivitas satelit dua arah untuk ponsel Galaxy pada tahun 2024, namun fitur tersebut masih belum ada pada Galaxy Z Fold 6 dan Flip 6 terbaru.
Ada kemungkinan bahwa pembaruan perangkat lunak dapat mengaktifkan konektivitas satelit pada perangkat ini. Tidak seperti Apple yang hanya berfokus pada pengiriman pesan darurat, konektivitas satelit Samsung dikabarkan lebih dari sekadar untuk keadaan darurat, sehingga pengguna dapat mengirim pesan melalui aplikasi apa pun.

Menariknya, ponsel Google Pixel juga telah menunjukkan tanda-tanda adanya fitur konektivitas satelit, meskipun fitur tersebut juga aktif untuk ponsel Pixel. Bukti kolektif ini menunjukkan bahwa pengiriman pesan satelit untuk ponsel Android, termasuk model Galaxy, dapat tersedia dalam beberapa bulan mendatang. (**/red)