breaking news Baru

Eks Aspri Prabowo Resmi Jadi Wamentan, Geber Program Food Estate

Nasional, buanainformasi.tv - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) menggantikan Harvick Hasnul Qolbi. Pelantikan ini berlangsung di Istana Negara, Jakarta Pusat, sekitar pukul 15.00 WIB tadi.

Sudaryono mengatakan pertanian merupakan salah satu sektor paling penting bagi Indonesia. Sebab sektor ini berkaitan langsung dengan produksi dan ketahanan pangan nasional.

Ia merasa perlu untuk menggalakkan kembali program-program kemandirian pangan yang sudah dicanangkan Jokowi dan Kementerian Pertanian secara keseluruhan, sampai nanti Presiden terpilih Prabowo Subianto menjabat.

"Oleh karena itu, ini menjadi sebuah tugas yang tidak ringan sebagaimana telah dicanangkan oleh Presiden Jokowi dan sudah dilaksanakan pada sampai dengan hari ini dan tentunya akan terus dilanjutkan dan ditingkatkan oleh Presiden terpilih kita bapak Prabowo Subianto," kata Sudaryono usai acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (18/7/2024).

Sudaryono mencontohkan beberapa program yang saat ini sudah berjalan seperti food estate sampai pipanisasi dan pompanisasi (pemasangan pompa dan pipa air untuk sawah yang kering). Kemudian ia juga ingin menggalakkan program mengubah rawa menjadi lahan pertanian untuk menggenjot produksi pangan.

"Mungkin lebih detailnya (program Kementan saat ini) saya kira bisa panjang. Ada food estate kemudian intensifikasi kemudian ada pipanisasi, kemudian ada pompanisasi, asa kemudian peningkatan lahan dari lahan rawa lahan pasang surut misalnya untuk menambah produktivitas pangan kita," ucapnya.

Atas tugas barunya itu sebagai Wamentan, ia meminta doa restu agar dapat bekerja dengan baik. Sehingga kehadirannya dapat membantu Kementerian Pertanian untuk mencapai target kemandirian dan ketahanan pangan Indonesia.

"Saya kira target sudah jelas adalah bagaimana kita berdaulat di bidang pangan. Mohon doa mohon dukungannya," pungkasnya. (**/red)