breaking news Baru

Presiden Jokowi Puji Dan Minta Produktivitas Perkebunan Kopi Di Lampung Barat Harus Ditingkatkan

Lampung Barat, buanainformasi.tv - Presiden RI Joko Widodo tiba di kebun kopi Pekon Kembahang, Kecamatan Batu Brak, Lampung Barat.

Kedatangan Jokowi disambut kegembiraan puluhan petani kopi Pekon Kembahang, Kecamatan Batu Brak, Lampung Barat.

Dengan setelan kemeja putih dan celana hitam, Presiden Jokowi menyapa warga dan para petani kopi di Pekon Kembahang, Kecamatan Batu Brak, Lampung Barat tersebut.

Pada momen itu, Presiden Jokowi memuji perkebunan kopi yang ada di Lampumg Barat yang terkenal dengan produktivitas dan kualitasnya.

“Kita memiliki 1,2 juta hektar kebun kopi di seluruh Indonesia, baik kopi robusta maupun arabica,” sebutnya, Jumat (12/7/2024).

“Kabupaten Lampung Barat di Provinsi Lampung termasuk salah satu yang terbesar. 60 ribu hektare di sini, 90 persennya robusta,” terusnya.

Orang nomor satu di Indonesia ini menambahkan, pemerintah harus bisa terus meningkatkan kualitas hingga produktivitas kopi.

“Sebab yang kita tahu saat ini harga kopi per tahunnya terus naik, permintaa kopi juga terus naik saat ini,” jelasnya.

“Sudah saya sampaikan ke Mentan agar memberi perhatian terhadap kopi. Yang terpenting produktivitas per hektare naik,” tambahnya.

Dengan perhatian dari pemerintah, tentunya produktivitas hingga kualitas kopi di Indonesia terutama Lampung Barat akan bagus.

“Tentunya dengan peralatan yang baik, pupuk yang baik serta jarak tanam yang baik nantinya bisa meningkatkan produktivitas,” ucapnya.

“Sehingga kita bisa bersaing dengan negara lain. Di lain itu, petani kopi kita di Indonesia bisa sejahtera,” pungkasnya.

Sebelumnya, sejumlah petani kopi di Lampung Barat tepatnya di Pekon Kembahang, Kecamatan Batu Brak sangat antusias menyambut kedatangan Presiden Indonesia Jokowi.

Pantauan di lokasi kebun kopi milik Syafrudin di Kembahang, Lampung Barat, kurang lebih 30 petani kopi sudah bersiap menyambut Presiden Jokowi.

Menurutnya, kedatangan Presiden Jokowi ke Lampung Barat untuk panen kopi raya di kebunnya merupakan suatu kebanggaan.

“Karena dari dulu rencananya mau ke Lampung Barat, tapi selalu gagal,” ujarnya saat diwawancara, Jumat (12/7/2024).

“Akhirnya hari ini ia berkunjung ke sini. Lebih menjadi kebanggaan kebun saya yang akan dikunjungi,” sambungnya.

Ia memastikan, Presiden Jokowi akan menikmati memanen kopi di kebun kopi miliknya yang menghasilkan 3,5 ton per tahun.

“Semua sudah saya persiapkan, semoga Pak Presiden suka melihat kebun saya,” pungkas Syafrudin.

Pantauan di luar kebun, ratusan warga dan anak-anak sekolah di Lampung Barat mulai memadati lokasi sekitar kebun kopi.

Mereka sangat antusias menyambut orang nomor satu di Indonesia itu dalam rangka kunjungan kerjanya di Provinsi Lampung. (**/red)