breaking news Baru

Disparbud Lampung Selatan Akan Lakukan Pembersihan Sampah Di Pantai Pasir Putih

Lampung Selatan, buanainformasi.tv - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lampung Selatan akan melakukan gerot wisata ke Pantai Pasir Putih yang berlokasi di Desa Rangai Tritunggal, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan.

Gerot wisata merupakan program Disparbud Lampung Selatan yakni dengan cara gotong royong membersihkan sampah atau hal lainnya di pantai.

Kadisparbud Lampung Selatan Kurnia Oktaviani mengatakan pihaknya telah turun ke lokasi untuk mengecek informasi dari warga dan netizen terkait sampah yang ada di Pantai Pasir Putih.

"Kita sekarang lagi di Pantai Pasir Putih. Kita dapat laporan dari sosial media dan ada dari warga, terkait banyaknya sampah di sini. Kita lihat di sini banyak sekali sampah," ujar Kurnia, Kamis (3/7/2024).

"Tadi juga udah ngobrol-ngobrol sama karyawan di sini bang Rudi, kira-kira sampah ini dari mana. Kalau kata beliau sampah-sampah ini sampah kiriman bisa saja dari Panjang, dari Teluk khususnya wilayah pesisir," sambungnya.

Pihaknya akan melakukan gerot wisata di Pantai Pasir Putih tersebut.

"Kita tadi sudah ngobrol sama bang rudi sebagai karyawan di Pantai Pasir Putih. Lalu kita juga sudah ngobrol sama Mayor Suyatno kita sama-sama akan melakukan gerot wisata gotong royong membersihkan sampah di pantai ini," ujarnya.

Karyawan Pantai Pasir Putih, Rudi mengatakan sampah yang ada merupakan sampah kiriman dari wilayah pesisir.

"Sampah-sampah ini sampah kiriman bisa saja dari Panjang, dari Teluk khususnya wilayah pesisir," katanya.

Pihaknya juga sudah beberapa kali membersihkan sampah tersebut, namun tetap ada lagi.

"Kami sudah sering membersihkan. Tapi ya namanya sampah, ada lagi-ada lagi. Karena ini sampahnya kiriman dari wilayah pesisir. Biasanya sampah rumah tangga. Seperti plastik dan lain-lain," ucapnya.

Ia menyebut kondisi sampah diperparah dengan cuaca angin Timur.

"Ini makin parah karena sekarang cuacanya sedang angin Timur. Dimana angin Timur ini membawa ombak ke pinggir. Jadi sampah dan lain-lainnya itu ke pinggir dia. Beda dengan angin Barat. Dimana angin Barat ini justru bawa ombak ke tengah," paparnya.

Ketua pengelola Pantai Pasir Putih Mayor Suyatno menyebut hari biasa sampah di pantai tersebut tidak seperti itu.

"Kalau hari-hari biasa sampahnya tidak seperti ini. Ini kebetulan angin sedang pasang. dan ini posisinya cekungan jadi sampahnya ke sini," katanya.

Untuk kedepannya, pihaknya akan melakukan antisipasi agar sampahnya tidak sampai ke pinggir pantai.

Pihaknya juga akan menyediakan kantung-kantung sampah agar pengunjung tidak membuang sampah sembarangan. (**/red)