breaking news Baru

Gubernur BI Sebut Tingkat Inflasi RI Yang Terendah Di Dunia

Nasional, Buana Informasi TV - Gurbenur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan tingkat inflasi Indonesia saat ini menjadi yang terendah di dunia. Dia juga menyebut dalam 10 tahun terakhir inflasi Indonesia selalu terkendali.

"Trend inflasi Indonesia dalam 10 terakhir menurun dan terkendali rendah, bahkan termasuk yang terendah di dunia. Pada saat ini inflasi IHK (Indeks Harga Konsumen) 2024 tercatat sebesar 2,84%, terjaga dalam kisaran target 2,5 + -1%," kata dia dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2024, dikutip dari YouTube Bank Indonesia (BI), Jumat (14/6/2024).

Perry mengatakan inflasi di sebagian besar daerah inflasi berada di daerah dalam kisaran target didukung atas sinergi inflasi oleh pemerintah pusat dan daerah. Selain itu pengendalian inflasi disebut secara konsistensi dikendalikan melalui koordinasi tim pengadilan inflasi pusat dan daerah.

"Termasuk gerakan nasional pengendalian inflasi pangan yang secara massal di berbagai daerah," jelas dia.

Perry memperkirakan inflasi pada sisa tahun 2024 ini dan tahun 2025 akan tetap terkendali rendah dalam kisaran sasaran 2,5 +- 1%.

"Kami mengaturkan apresiasi sebesar-besarnya kepada Presiden atas konsistensi kepemimpinan dan arah inspirasi, inovasi, terobosan kebijakan serta dorongan sinergi untuk pengendalian inflasi," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan inflasi Indonesia di Mei tercatat 2,84% secara year on year. Angka itu disebut lebih baik dibandingkan negara G20.

"Dibandingkan dengan negara lain G20 Rusia misalnya 7,84% secara yoy, India 4,75%, Australia 3,6%, Amerika Serikat 3,3%. Jadi Indonesia relatif lebih baik dari negara-negara tersebut dan terkendalinya inflasi ini mendukung kinerja pertumbuhan ekonomi yang 5,11% jadi tumbuh kita lebih berkualitas dibandingkan berbagai negara lain," pungkasnya. (**/red)