breaking news Baru

63 Peserta Calon Anggota PPK Kab. Tanggamus Ikuti Tahapan Wawancara

Tanggamus, Buana Informasi TV – Puluhan peserta calon anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Tanggamus, Lampung ikuti tahapan wawancara.

Komisioner Bawaslu Tanggamus, Lampung Divisi SDMO Feri Ariyanto mengungkapkan, proses tatapan wawancara calon anggota Panwascam ini sudah berlangsung selama dua hari.

Feri mengaku, total terdapat 63 orang calon anggota Panwascam yang ikut dalam proses seleksi di Bawaslu Tanggamus, Lampung.

“Tapi memang ada dua orang yang tidak datang untuk proses seleksi wawancara,” ungkap Feri, Senin (20/5/2024).

Feri juga menjelaskan, dua orang yang tidak datang dalam tahapan wawancara calon anggota Panwascam ini memiliki alasan yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Dimana salah satu peserta yang tidak datang beralasan dirinya tengah dalam kondisi kurang sehat sehingga tidak bisa menghadiri tahapan wawancara yang dilakukan oleh Bawaslu Tanggamus.

Sementara itu, satu peserta lainnya memiliki agenda yang tidak bisa ditinggalkan sehingga dirinya juga tidak bisa mengikuti seleksi wawancara calon anggota Panwascam.

Dirinya menegaskan, untuk calon anggota Panwascam yang tidak mengikuti tahapan wawancara otomatis akan didiskualifikasi.

“Yang kemarin tidak hadir ini otomatis langsung kita diskualifikasi karena memang tidak mengikuti tahapan,” tegasnya.

Dirinya juga mengaku, masih terdapat beberapa kecamatan yang memiliki existing anggota Panwascam.

Sehingga di beberapa tempat tersebut pihak dari Bawaslu Tanggamus tidak membuka proses rekrutmen Panwascam.

“Seperti di Bandar Negeri Semuong dan Pulau Panggung itu kita tidak buka rekruitmen karena isinya existing semua,” jelasnya.

Kendati demikian, masih terdapat juga beberapa kecamatan yang tidak memiliki existing anggota Panwascam.

Kecamatan yang tidak memiliki existing anggota Panwascam antara lain, Kecamatan Gisting, Ulu Belu, dan Kecamatan Bulok.

Dirinya mengungkapkan, untuk beberapa kecamatan yang mengalami pergantian Panwascam didasari dari berbagai alasan.

Salah satu alasannya adalah, para anggota Panwascam sebelumnya memang tidak kembali mendaftarkan diri sebagai anggota Panwascam.

Tak hanya itu, terdapat juga beberapa anggota Panwascam yang diterima menjadi PPPK sehingga tidak meneruskan menjadi anggota Panwascam.

Feri mengatakan, pihaknya akan melakukan rapat pleno dalam waktu dekat untuk memilih anggota Panwascam yang lolos wawancara.

Rencananya, pengumuman calon anggota Panwascam ini akan dilakukan pada (21/5/2024).

Feri mengatakan, nantinya ada tiga orang anggota Panwascam ditiap kecamatan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Dengan hal itu, pihaknya membutuhkan 60 orang untuk menjadi anggota Panwascam di 20 kecamatan.

Ia mengatakan, pelantikan anggota Panwascam di Kabupaten Tanggamus rencananya akan dilakukan pada (24/5/2024) atau (25/5/2024).

Rencananya, pelantikan ini akan berlangsung di GSG Gisting Bawah, Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus.(**/red)