breaking news Baru

Tingkatkan Produksifitas Pangan, Indonesia Bekerjasama Dengan Iran Kembangkan Pompanisasi Dan Pemanfaatan Lahan Rawa

Nasional, Buana Informasi TV - Kementerian Pertanian dan pemerintah Iran sepakat bekerja sama mengembangkan pompanisasi dan pemanfaatan lahan rawa untuk meningkatkan produktivitas pangan Indonesia. Selain itu, Iran juga sepakat membantu pertanian Indonesia dengan kerja sama teknologi dan ilmu pengetahuan.
"Iran sangat maju dalam sistem irigasi berteknologi tinggi terbaru dan teknologi untuk pengawetan makanan," ujar ucap Duta Besar Iran untuk Indonesia, Mohammad Boroujerdi, dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (30/4/2024).

Boroujerdi mengatakan sejumlah teknologi yang dimiliki Iran meliputi mesin-mesin penyimpan hasil produksi, mesin tanam, mesin pengawet dan juga mesin termutakhir lainya seperti sistem pendorong air atau pompanisasi. Selain itu, pihaknya juga bakal mendorong pertukaran ekspor impor pada subsektor hortikultura khususnya yang berkaitan dengan buah-buahan.

Boroujerdi menilai Iran memiliki banyak buah berkualitas yang bisa jadi pelengkap makanan Indonesia.

"Kami memiliki banyak bidang untuk menjalin kerjasama Indonesia-Iran, kami memiliki buah buahan yang berbeda yang dapat melengkapi kedua negara, tentu melalui ekspor impor kedua negara," katanya.

Iran sendiri memang dikenal sebagai salah satu negara yang terkenal dengan kemajuan teknologi. Iran bahkan sudah mempunyai teknologi yang dapat meningkatkan produksi pertanian.

Hal ini dinilai sejalan dengan keinginan Menteri Pertanian Andri Amran Sulaiman yang mau meningkatkan produksi padi dan jagung sebagai komoditas masa depan Indonesia. Menurutnya, salah satu upaya menyingsing hal tersebut adalah membuat antisipasi El Nino dengan teknologi pompanisasi dan pengolahan lahan rawa.

"Target kami 2 tahun ini mencapai swasembada dan berikutnya Indonesia menjadi lumbung pangan dunia," ujar dia. (**/red)