breaking news Baru

Anies dan Ganjar Bersalaman Dengan Tim Prabowo Jelang Sidang Putusan MK

Nasional, Buana Informasi TV - Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md menghadiri sidang pembacaan putusan sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK). Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud terlihat bersalaman dengan Ketua Tim Pembela Prabowo-Gibran, Yusril Ihza Mahendra, selaku pihak terkait.

Senin (22/4/2024), mulanya Ganjar-Mahfud terlihat memasuki ruang sidang. Mereka lalu menghampiri kuasa hukum dari pihak terkait yang sudah masuk lebih dulu.

Ganjar-Mahfud terlihat menyalami Wakil Ketua Pembela Prabowo-Gibran, OC Kaligis, Nicholay Aprilindo, dan para tim kuasa hukum pihak terkait. Mereka terlihat berbincang dan saling tersenyum.

Ganjar-Mahfud juga bersalaman dengan Anggota KPU RI Idham Holik dan Mochamad Afifuddin selaku pihak termohon. Mereka juga bersalaman dengan Bawaslu sebagai pemberi keterangan.

Selanjutnya, Ganjar-Mahfud terlihat menduduki kursi yang telah disediakan. Tak lama, Ketua Tim Pembela Prabowo-Gibran, Yusril Ihza Mahendra terlihat memasuki ruang sidang. Ganjar pun terlihat menyapa Yusril dengan mengangkat tangannya dan dibalas Yusril.

Kemudian, Anies-Muhaimin juga turut memasuki ruang sidang. Anies-Muhaimin terlihat menyalami Ganjar-Mahfud.

Anies-Muhaimin lalu menghampiri Yusril dkk dan menyalaminya. Anies-Muhaimin terlihat berbincang dan saling tersenyum dengan Yusril.

Sebagai informasi, MK akan membacakan putusan sengketa Pilpres dari dua permohonan yang masuk. Gugatan ini dilayangkan oleh Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud usai KPU menetapkan hasil Pilpres 2024.

Pasangan Prabowo-Gibran telah ditetapkan mendapat suara terbanyak dalam Pilpres 2024. Hasil suara tersebut ditetapkan KPU melalui Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota secara Nasional Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

Berikut hasil Pilpres 2024 yang disusun berdasarkan nomor urut Pilpres:

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 40.971.906 suara atau 24,95%

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 96.214.691 atau 58,59%.

Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 27.040.878 atau 16,47%. (**/red)