Usai Libur Lebaran, Harga Bawang Merah Di Pesisir Barat Naik Hingga Rp.60 Ribu Perkilogram

Pesisir Barat, Buana Informasi TV - Pasca libur Lebaran 2024, harga bawang merah di pasar tradisional Pesisir Barat Lampung melonjak hingga menyentuh Rp 60 ribu per kilogram.

Kabid Perdagangan pada Diskopdag Pesisir Barat, Panji Adha Sentosa mengatakan, berdasarkan monitoring yang dilakukan oleh pihaknya pada hari pertama masuk kerja,  harga bawang merah mengalami kenaikan cukup signifikan.

"Berdasarkan monitoring hari ini harga bawang merah yang mengalami kenaikan sebesar Rp 25 ribu per kilogram," ungkapnya, Selasa (16/4/2024).

Dikatakannya, harga bawang merah saat ini dijual Rp 60 ribu per kilogram naik dari harga sebelumnya yakni Rp 35 ribu perkilogram.

Kenaikan harga ini disebabkan stok persediaan bawang merah yang ada di pasaran menipis.

Hal ini dikarenakan distribusi bawang merah terkendala dalam pengiriman karena terhambat di kapal.

"Kalau bawang ini pengirimannya terhambat di kapal, soalnya kalau persediaan bawang ini semuanya dari Pulau Jawa," bebernya.

Begitu juga dengan harga bawang putih mengalami lonjakan, saat ini dijual Rp 40 ribu perkilogram.

Sedangkan untuk harga kebutuhan pokok lainya terpantau masih stabil bahkan mengalami penurunan.

Sementara harga beras medium saat ini turun sebesar Rp 1 ribu per kilogram. Sebelumnya harga beras ini dijual Rp 16 ribu saat ini turun menjadi Rp 15 ribu perkilogram.

Begitu juga dengan beras premium juga mengalami penurunan sebesar Rp 1 ribu perkilogram.

Sebelumnya beras premium itu dijual Rp 19 ribu perkilogram saat ini dijual Rp 18 ribu perkilogram.

"Penurunan harga beras ini disebabkan stok persediaan meningkat dikarenakan petani sudah masuk masa panen.

Selanjutnya, harga telur ayam broiler di jual Rp 28 ribu perkilogram, harga tersebut turun sebesar Rp 1 ribu dari harga sebelumnya yakni Rp 29 ribu perkilogram.

"Untuk harga sayuran juga masih stabil, untuk harga tomat saat ini sudah kembali normal Rp 15 ribu perkilogram," pungkasnya. (**/red)