breaking news Baru

Polres Tulang Bawang Barat Gelar Sispamkota, Siap Amankan Pilkada Serentak 2024

Tulang Bawang Barat, buanainformasi.tv - Sebagai wujud kesiapan pengamanan dalam perhelatan pesta demokrasi Pilkada serentak 2024 yang sebentar lagi akan dilaksanakan, jajaran Polres Tulang Bawang Barat Polda Lampung, menggelar Simulasi Sistem pengamanan kota (Sispamkota).

Melibatkan unsur personel dari TNI, Polri, , Satpol PP, Linmas dan Damkar, di depan Kantor KPU Kab.Tulang Bawang Barat, Sabtu (31/8/2024) pagi.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Tulang Bawang Barat  AKBP Sendi Antoni, S.I.K., M.I.K. dengan dihadiri Pj.Bupati Tubaba Drs. Muhammad Firsada, M.Si. beserta unsur Forkopimda, Ketua KPU, Bawaslu Kabupaten Lampung Tengah, Tokoh Adat dan seluruh tamu undangan lainnya.

Kepada awak media, Kapolres mengatakan bahwa simulasi Sispamkota ini merupakan bagian dari rangkaian Operasi Mantap Praja 2024, yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapan aparat keamanan dalam menghadapi berbagai kemungkinan ancaman dan gangguan yang dapat terjadi selama proses Pilkada berlangsung.

"Simulasi ini sangat penting sebagai langkah antisipatif dalam menghadapi situasi darurat yang mungkin terjadi di wilayah Kabupaten Tulang Bawang Barat" ujarnya.

“Simulasi ini bukan sekadar latihan, tetapi sebuah bentuk kesiapan nyata dari Polres Tulang Bawang Barat  bersama seluruh unsur Forkopimda dan instansi terkait untuk menghadapi berbagai skenario gangguan keamanan yang dapat muncul selama tahapan Pilkada serentak 2024 mendatang,” imbuhnya.

Dalam simulasi ini, kata Kapolres, berbagai skenario dihadirkan untuk menguji kesiapan dan kemampuan personel dalam merespons cepat situasi darurat, seperti kerusuhan massa, gangguan kamtibmas, dan tindakan terorisme.

"Setiap skenario direspon dengan sigap oleh seluruh tim yang terlibat, menunjukkan koordinasi yang baik antar Instansi," terangnya.

Lebih lanjut, terkait kemungkinan konflik perbedaan pilihan, Kapolres Tulang Bawang Barat AKBP Sendi Antoni, kembali mengimbau kepada seluruh masyarakat agar bersama-sama menciptakan situasi yang kondusif.

"Saya berpesan kepada seluruh masyarakat, walaupun nantinya berbeda pilihan, jangan sampai hal tersebut menjadi polemik yang dapat memecah belah persaudaraan," pesannya

"Tetap kita guyup rukun dan terus jaga persatuan, kesatuan, kerukunan antar warga,” ungkapnya.

Dalam hal ini, Kapolres Tulang Bawang Barat menegaskan bahwa Polri tetap netral dan tidak berpihak kepada salah satu Paslon manapun.

Kemudian, bagi para Paslon yang mengikuti kontestasi pada Pilkada 2024 ini, Kapolres berharap agar semuanya untuk siap menang dan siap kalah.

“Saya berharap, bagi para Paslon yang mungkin kalah atau kurang beruntung nantinya, silahkan mempertanyakan prosesnya atau ketidakpuasannya kepada pihak yang berwenang. Janganlah memobilisasi massa, memprovokasi, sehingga menimbulkan kegaduhan Kamtibmas dan lain lain,” harapnya.

Sementara itu, Pj.Bupati Tubaba Drs. Muhammad Firsada, M.Si. memberikan apresiasi dan mengacungi jempol Sispamkota yang dilakukan Polres Tulang Bawang Barat.

"Nilainya seratus untuk keseriusan Polres Tubaba menggelar Sispamkota. Meskipun seluruh personel yang terlibat hanya melaksanakan simulasi, tapi peragaan yang ditampilkan sangat bagus sekali," kata M.Firsada

“Terhadap kegiatan ini, tentu Polres Tubaba telah menyiapkan diri dalam antisipasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi disetiap tahapan Pilkada nanti,” sebutnya.

Namun demikian, Pj.Bupati lanjutnya,  berharap apa yang disimulasikan tidak terjadi dalam Pilkada Kabupaten Lampung Tengah yang digelar secara serentak pada tanggal 27 November 2024 mendatang.

"Saya berharap apa yang disimulasikan tidak terjadi. Tidak ada unjuk rasa, penyusupan, protes, coblosan ulang, coblosan ganda, dan lainnya," demikian pungkasnya. (**/red)