Setelah Libur Lebaran, Diskopdag Pesisir Barat Pastikan Stok Gas LPG 3 Kg Aman

Pesisir Barat, Buana Informasi TV - Pasca libur lebaran 2024, Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (Diskopdag) Pesisir Barat mengklaim kesediaan gas elpiji bersubsidi 3 kilogram untuk kebutuhan masyarakat mencukupi.

Kabid Perdagangan pada Diskopdag Pesisir Barat, Panji Adha Sentosa mengatakan, untuk stok gas elpiji 3 kilogram pasca libur lebaran dipastikan aman.

"Posisinya stok gas elpiji 3 kilogram kita di Pesisir Barat ini banyak tidak ada kelangkaan,"ungkapnya, Selasa (16/4/2204).

Dikatakannya, selama libur lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024 sebenarnya tidak ada kelangkaan gas elpiji yang terjadi.

Hanya saja terjadi kenaikan permintaan dikarenakan kebutuhan masyarakat untuk memasak dan membuat kue.

Dicontohkannya, di pangkalan elpiji yang ada di Rawas pada tanggal 11 April telah menyalurkan gas elpiji sebanyak 190 tabung begitu juga dengan pangkalan lainnya.

"Sebenarnya bukan langka karena stoknya di pangkalan banyak, hanya saja mungkin karena masih suasana lebaran jadi permintaannya meningkat, sedangkan distributornya mungkin masih liburan"ungkapnya.

Menurutnya, kelangkaan gas elpiji yang terjadi selama libur lebaran hanya terjadi di warung-warung, sebab mereka tidak mengambil langsung ke pangkalan yang ada.

Kondisi ini lanjutnya, mungkin banyak dimanfaatkan oleh pemilik warung untuk mengambil keuntungan dengan menaikkan harga.

Untuk itu ia mengimbau kepada masyarakat Pesisir Barat agar tetap tenang dan panik buying, sebab bisa dipastikan kesediaan stok elpiji mencukupi.

"Permasalahannya mungkin hanya penyaluran nya saja yang kurang cepat karena terbentur dengan libur lebaran,"jelasnya.

"Mudah-mudahan pasca libur lebaran ini pendistribusian gas elpiji bersubsidi 3 kilogram ini bisa kembali normal," pungkasnya. (**/red)