Bi Catat Penukaran Uang Tunai Untuk Lebaran Sebesar Rp 197,7 Triliun

Nasional, Buana Informasi TV - Bank Indonesia (BI) mencatat realisasi penukaran uang tunai telah mencapai Rp 75 triliun hingga 27 Maret 2024. Angka tersebut setara hampir 38% dari uang layak edar (ULE) yang disiapkan BI sebesar Rp 197,7 triliun.


"Sampai dengan hari kemarin jumlah yang sudah keluar itu sebesar Rp 75 triliun, dari Rp 197,7 triliun. Jadi hampir 38%," kata Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim kepada awak media, Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Dia memperkirakan lonjakan penukaran uang ini terjadi pada akhir Maret dan pekan depan. Sebab, masyarakat telah bersiap-siap untuk mudik mulai pekan depan.

Terkait alokasi penambahan kuota ULE, dia mengatakan hal ini tergantung seberapa besar animo masyarakat. Namun, dia tak menutup kemungkinan akan menambah kuota.

"Kita akan lihat nanti animonya banyak kita lihat. Kalau perlu ditambah, kita tambah," jelasnya.

Lebih lanjut, Marlison mengatakan pihaknya telah menyediakan uang sebesar Rp 197,7 triliun. Angka ini meningkat sebesar 4,65% dibandingkan realisasi tahun lalu sebesar Rp 188,8 triliun.

"Tahun ini dalam rangka penyediaan uang ini sebesar Rp 197,7 triliun meningkat 4,6% dibandingkan tahun lalu. Kemudian outflow periode paling tinggi di Jawa sebesar Rp 119,9 triliun," imbuhnya. (**/red)