Dinkes Provinsi Lampung Siapkan Posko Kesehatan Untuk Pemudik Lebaran 2024

Bandar Lampung, Buana Informasi TV – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung akan menyiapkan posko kesehatan untuk pemudik pada Lebaran 2024.

“Kita akan menyiapkan posko bekerja sama dengan Polda, dimana mereka membuat posko di situ kita ada,” kata Kepala Dinkes Provinsi Lampung, Edwin Rusli, Minggu (24/3/2024).

Dijelaskannya, posko kesehatan tersebut akan dilengkapi dengan tenaga kesehatan, seperti dokter, perawat, dan supir ambulans.

“Sekitar 9 orang. Tapi 9 orang itu terdiri dari dokter, perawat, dan supir ambulans,” kata Edwin.

Posko kesehatan tersebut diperkirakannya akan didirikan mulai H-7 hingga H-3 Lebaran.

“Biasanya H-7 sampai H-3 Lebaran,” terangnya.

Selain posko kesehatan, Dinkes Lampung juga akan menyiapkan ambulans yang siaga di sepanjang jalur mudik.

“Kita juga siapkan ambulans yang siaga di sepanjang jalur mudik,” katanya.

Diketahui posko kesehatan tersebut tersebar di seluruh Kabupaten/Kota Provinsi Lampung dengan detail di Kota Bandarlampung sembilan unit, Pesawaran delapan unit, Lampung Selatan 13 unit.

Kemudian Mesuji dan Metro masing-masing satu unit, Lampung Tengah tujuh unit, Pringsewu dan Lampung Utara masing-masing tiga unit, Lampung Barat dan Tulangbawang masing-masing empat unit.

Pesisir Barat dan Tulangbawang Barat masing-masing delapan unit, Tanggamus dan Waykanan masing-masing dua unit, Lampung Timur lima.

Poskes yang tersedia di JTTS persisnya berada di rest area ruas Bakauheni – Terbanggi Besar ada 12 titik yakni di KM 20 jalur A dan B, KM 33, KM 49, KM 67, KM 87, dan KM 116. Sedangkan di ruas JTTS Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayuagung terdapat 9 titik yakni di KM 163 A, KM 172 B, KM 28 A, KM 215 B, KM 234 A, KM 269 B, KM 277 A, KM 36 B dan KM 311 A.

“Ya biasa posko masih seperti kemarin,” tutupnya. (**/red)