Ribuan Personel Polda Lampung Diperpanjang 3 Hari Kedepan Untuk Pengamanan Pemilu 2024

Bandar Lampung, Buana Informasi TV - Ribuan personel Polda Lampung yang di BKO (Bawah Kendali Operasi) untuk pengamanan pemilihan umum (pemilu) 2024 diperpanjang hingga tiga hari ke depan, hingga Minggu (18/2/2024). 

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadilah Astutik mengatakan, ribuan personel yang kemarin diberangkatkan untuk pengamanan pemilu diperpanjang BKOnya. 

"Pimpinan meminta kepada ribuan personel yang di BKOkan ditambah waktunya tiga hari untuk tetap di Polres jajaran," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadilah Astutik, Jumat (16/2/2024). 

Kombes Pol Umi mengatakan, pasukan BKO diperpanjang dikarenakan masih ada penghitungan rekapitulasi suara.

"Jadi mereka (polisi) masih berjaga di sana, sampai hari minggu," kata Kombes Pol Umi.

Pasukan diperintahkan Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika untuk menjaga kondusifitas di seluruh wilayah hukum Polda Lampung. 

"Alhamdulillah sampai hari ini pelaksanaan pemilu tidak ada gejolak yang berarti pada pesta demokrasi 2024," kata Kombes Pol Umi. 

Sebelumnya, Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika mengatakan, polisi dalam kegiatan pengamanan pemilu khusus personel Polda Lampung ada 1.880 personel. 

Dengan rincian di antaranya 882 petugas pengamanan di TPS, 581 anggota dari Brimob dan 417 personel samapta.

Ribuan personel tersebut mengamanatkan 25.825 TPS, di antaranya 111 TPS sangat rawan. 

"Intinya kita (Polisi) harus bisa memberikan yang terbaik di tengah isu netralitas yang diarahkan kepada kita," kata Irjen Pol Helmy. 

Mantan Kapolda Gorontalo ini mengatakan, pihaknya mengingatkan untuk tidak usah banyak bicara.

"Saya minta Polisi untuk bekerja dengan baik dan tunjukan kerja dengan baik," kata Irjen Pol Helmy. (**/red)