Mahfud Janji Akan Terapkan Pemerintahan Teritorial Di Papua

Nasional, Buana Informasi TV - Cawapres nomor urut 3, Mahfud Md, berencana akan menerapkan pemerintahan teritorial di Papua jika terpilih di Pilpres 2024. Dia mengatakan nantinya penerapannya bukan lagi pemerintahan militer.

"Untuk daerah Papua yang selama ini merasa diperlakukan tidak adil, tentu kami akan mengaktifkan pemerintahan teritorial bukan pemerintahan militer," kata Mahfud dalam acara Tabrak Prof di Yogyakarta, Senin (5/2/2024) malam.

Mahfud menjelaskan bagaimana sistem pemerintahan teritorial yang dimaksud. Dia menyebut masyarakat di sana akan diberdayakan, sementara gerakan bersenjata yang sifatnya liar akan diselesaikan secara hukum.

"Pemerintahan teritorial itu pemerintahan sipil biasa, berjalan lalu masyarakatnya diberdayakan," ujarnya.

"Adapun gerakan-gerakan bersenjata yang sifatnya liar akan diselesaikan berdasar ketentuan hukum di bidang penegakan hukum, bukan hukum di bidang militer agar tidak terkesan terjadi militerisme," lanjutnya.

Mahfud mengaku rancangan pemerintahan teritorial di Papua sudah disepakati saat dirinya masih menjabat sebagai Menko Polhukam. Dia mengatakan hanya implementasinya yang belum berjalan.

"Dan itu sudah disepakati, semua rancangan ini sudah disepakati, ketika saya menjadi Menko Polhukam, tinggal sekarang implementasinya. Ke depan kita lakukan," imbuhnya. (**/red)