Sebayak 3.137 KPM Di Kec. Metro Pusat Menerima Bantuan Beras

Metro, Buana Informasi TV - Sebanyak 3.137 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Metro Pusat, Metro Lampung menerima bantuan pangan beras yang disalurkan Pemerintah Pusat.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Pemkot Metro, Yeri Ehwan mengatakan, pembagian bantuan pangan beras diberikan ke 5 Kelurahan yang ada di Kecamatan Metro Pusat.

Yakni Kelurahan Metro, Kelurahan Imopuro, Kelurahan Hadimulyo Timur, Kelurahan Hadimulyo Barat, dan Kelurahan Yosomulyo.

Yeri mengaku, bantuan pangan beras ini sama seperti tahun 2023 lalu.

Hanya terdapat pada perbedaan sumber data yang kini melalui Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Esktrem (DP3KE)

"Ini sama dengan tahun yang kemarin memberikan bantuan pangan beras program kelanjutan kemarin," kata dia, Selasa (30/1/2024).

"Hanya yang berbeda sumber data dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kemensos, tahun ini P3KE," tambahnya.

Sehingga sangat dimungkinkan terdaoat KPM yang tidak mendapatkan bantuan pangan beras tersebut.

"Jadi datanya itu dari Kementerian bidang PMK diserahkan ke Bappenas. Kemudian dari Bappenas diserahkan ke daerah," bebernya.

"Bisa saja ada yang dapat ada yang gak. PKH dan lain-lain itu menggunakan DTKS. Kalau ini menggunakan P3KE," sambungnya.

Terpisah, Camat Metro Pusat, Yahya Rachmat menyebutkan jumlah masing-masing KPM di 5 Kelurahan yang bernaung pada Kecamatan Metro Pusat yang menerima bantuan pangan beras.

Kelurahan Hadimulyo Barat menjadi Kelurahan yang paling banyak menerima bantuan pangan beras dari Pemerintah Pusat tersebut.

"Kelurahan Metro ada 768, Kelurahan Imopuro 419, Kelurahan Hadimulyo Barat ada 818, Kelurahan Hadimulyo Timur 647, dan Kelurahan  Yosomulyo ada 485," kata Yahya.

Ia mengaku pihaknya juga masih melakukan pengecekan terkait dengan penerima bantuan pangan beras tersebut.

"Datanya dari pusat, kita juga sedang mengecek apabila nanti ada yang tidak layak nanti bisa digantikan," tukasnya.

"Karena data tahun kemarin berbeda dengan yang sekarang. Datahya ada 3137 penerima dikali 10 kilogram beras di Kecamatan Metro Pusat," pungkasnya. (**/red)