breaking news Baru

Waaster Kasad Laukakn Kunjungan Ke PLTU Sebalang Dalam Ranga Melaksanaan Pengawasan

Bandar Lampung, Buana Informasi TV - Kepala Seksi Teritorial Kepala Staf Korem 043 Gatam Kolonel Inf Jaka Sutanta mendampingi kunjungan Wakil Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Waaster Kasad) Brigjen TNI Terry Tresna Purnama ke PLTU Sebalang, Jumat (26/1/2024).

Waaster Kasad Brigjen TNI Terry Tresna Purnama yang mengunjungi PLTU Sebalang Lampung Selatan ini menjabat di Bidang Rencana dan Kemampuan Teritorial ( Ren Puanter).

Kepala Seksi Teritorial Kepala Staf Korem (Kasiter Kasrem) 043 Gatam Kolonel Inf Jaka Sutanta mengungkap kedatangan Waaster Kasad Bidang Rencana dan Kemampuan Teritorial ke Lampung dalam rangka melaksanakan pengawasan. 

"Kemudian pendampingan penerimaan dan pengujian kualitas Batubara di PLTU Sebalang," kata Kolonel Inf Jaka Sutanta mewakili Danrem 043 Gatam Brigjen TNI Iwan Ma'ruf Zainudin, Jumat (26/1/2024). 

Waaster Kasad Bidang Ren Puanter Brigjen TNI Terry Tresna Purnama menuturkan, selama kurang lebih 10 tahun personel TNI AD telah melaksanakan tugas pendampingan batubara.

"Untuk itu, saya memandang perlu untuk melaksanakan pengawasan secara rutin terhadap personel TNI AD yang melaksanakan tugas pendampingan tersebut di PLTU Sebalang," kata Brigjen TNI Terry. 

Pada kesempatan ini dirinya sengaja memanfaatkan waktu untuk menyampaikan pengarahan.

Karena PLTU Sebalang ini merupakan objek vital nasional yang bersifat strategis di wilayah Kabupaten Lampung Selatan. 

PLTU Sebalang memiliki peranan penting dalam menyediakan energi listrik untuk menunjang kegiatan pembangunan nasional.

Serta untuk memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Lampung Selatan dan sekitarnya.

"Tugas pendampingan batubara yang dilakukan oleh TNI AD di 15 Unit PLTU wilayah Jawa dan Sumatera, ini merupakan penjabaran dari Memorandum of understanding (MoU) atau kerjasama," kata Brigjen TNI Terry. 

MoU tersebut telah dituangkan dalam perjanjian kerja sama antara PT PLN Nusantara Power dengan TNI AD. 

"Tugas pokok personel TNI AD yang terpilih menjadi pendamping dari Kodim 0421/LS (Lampung Selatan) adalah melaksanakan pendampingan, penerimaan dan pengujian barang-barang sesuai dengan standarisasi PT PLN Nusantara Power," kata Brigjen TNI Terry.

Sehingga prajurit TNI AD dalam pendampingan harus mempedomani Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. 

Hal tersebut sebagai insan teritorial yang menjadi pendamping tugas pokoknya di PLTU Sebalang.

"Bagi prajurit TNI AD yang ditugaskan diharapkan dilaksanakan tugas dengan baik, jaga citra TNI AD dan jaga nama baik satuan kita," ujar Brigjen TNI Terry. 

GM PLTU Sebalang Otniel Marung mengatakan, pihak PLN Nusantara Power dan TNI AD telah menandatangani surat perjanjian kerjasama sejak 12 april 2023.

Perjanjian tersebut tentang pendampingan dan pelatihan. 

Terutama dalam rangka penerimaan dan pengujian batubara di unit-unit yang dikelola oleh PLN Nusantara Power dan salah satunya adalah di PLTU Sebalang.

"Perjanjian ini telah ditindaklanjuti dengan penempatan personel TNI dari Kodim 0421/Lampung Selatan," kata Otniel. 

Otniel mengatakan, prajurit TNI AD dari Kodim 0421/LS telah menjalankan tugasnya dengan baik sampai saat ini. 

"Personel TNI AD telah melakukan pengamanan kualitas batubara untuk pemasok PLN Nusantara Power dan surveyor dapat menjalankan tugas sesuai dengan tupoksi masing-masing," kata Otniel. 

Sehingga kegiatan penerimaan batubara dapat berjalan dengan lancar.

Prajurit TNI AD dari Kodim 0421/LS serta jajaran senantiasa turun menjadi fasilitator dalam menyelesaikan segala macam permasalahan yang terjadi. 

"Baik itu antara PLN dan masyarakat, maupun supplier batubara dengan masyarakat," kata Otniel. 

PLTU Sebalang bersama Kodim 0421/LS juga berkolaborasi dalam rangka menyambut HUT TNI dan juga pada Ulang Tahun PLN. 

"Kerjasama tersebut telah melaksanakan program bedah rumah, membangun rumah tidak layak huni menjadi rumah yang layak huni tipe 36 permanen dengan peresmiannya dilaksanakan pada bulan Oktober 2023 yang lalu," kata Otniel. 

Turut hadir dalam kunjungan tersebut yakni Eksekutif Vice President Primery Energy Planning And Control Ubaedi Susanto, Dandim 0421/LS Letkol Inf Fajar Akhirudin. 

Pasiter Kodim 0421/LS Kapten Inf Oyong Lisa, Danramil Katibung Kapten Inf Sobirin dan Satgas Pengamanan PLTU Sebalang. (**/red)