Jokowi Resmikan SPAM Rp 840 M Di Semarang

Nasional, Buana Informasi TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Semarang Barat di Semarang, Jawa Tengah. Proyek ini dibangun melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan total anggaran Rp 870 miliar.
 
"Kota Semarang merupakan contoh yang baik dalam pengelolaan air bersih karena KPBU yang ada di sini ini dibangun dengan total anggaran Rp 870 miliar," kata Jokowi dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (23/1/2024).

Jokowi merinci anggaran Rp 870 miliar tersebut berasal dari pemerintah pusat Rp 329 miliar, pemerintah daerah Rp 124 miliar dan swasta Rp 417 miliar. Proyek ini telah disambungkan kepada lebih dari 60% rumah tangga untuk memperoleh air bersih dan layak minum.

"Kapasitas di sini sudah 1.000 liter per detik dan melayani 70 ribu sambungan rumah tangga, setara dengan 350 ribu jiwa di Semarang Barat, di Ngaliyan, di Tugu," beber Jokowi.

Menurut Jokowi, SPAM Semarang Barat merupakan proyek percontohan dengan skema KPBU yang bisa ditiru oleh daerah-daerah lain. Orang nomor satu di Indonesia itu titip agar proyek bisa dijaga dengan baik untuk membantu masyarakat memperoleh air bersih dengan harga terjangkau dan berkesinambungan.

"Kita tahu air akan menjadi persoalan kalau tidak kita rencanakan mulai dari sekarang, kita siapkan mulai dari sekarang," imbuh Jokowi.

"Saya titip agar SPAM ini dikelola dengan baik, dipastikan dapat berfungsi dengan baik untuk membantu masyarakat memperoleh air bersih dengan harga terjangkau dan berkesinambungan," tambahnya. (**/red)