breaking news Baru

Trimedya PDIP Sebut Belum Ada Progres Terkait Pengganti Firli Sebagai Ketua KPK

Nasional, Buana Informasi TV - Anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP, Trimedya Panjaitan, menyebut sampai sekarang belum ada progres terkait pengganti Firli Bahuri sebagai Ketua KPK buntut ditetapkan tersangka di kasus pemerasan kepada mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Trimedya menyebut ada potensi tarik-menarik politik jika pengganti Firli ditetapkan sebelum Pemilu 2024.


Trimedya awalnya mengungkap kondisi di grup Komisi III DPR terkait pengganti Firli Bahuri. Dia menyebut belum ada pembicaraan khusus terkait itu.

"Iya belum, karena kan lagi reses, baru masuk tanggal 15 (Januari), dan di grup nggak ada pembicaraan pembicaraan. Mungkin semua lagi bertarung di dapilnya," kata Trimedya saat dihubungi, Selasa (2/1/2024).

Trimedya menyebut pengganti Firli tidak perlu dipaksakan harus ditunjuk secepatnya. Selain karena masa sidang DPR yang pendek, menurutnya, juga ada tarik-menarik politik di balik itu.

"Tergantung kesepakatan, karena masa sidang ini juga pendek sekali. Sebenarnya kalau begini, menurut saya, tidak perlu dipaksakan. Toh, juga tetap bisa berjalan ya (KPK) dengan pimpinan Pak Nawawi. Tapi apa pun nanti tergantung keputusan sembilan fraksi di Komisi III DPR. Kalau ditanya saya, saya kira seperti itu (akan ada potensi tarik-menarik). Supaya jangan terlalu tinggi tarik-menarik politiknya nanti," ucapnya.

Dia menyebut ada kekhawatiran pengganti Firli Bahuri akan dijadikan alat politisasi. Namun dia menyerahkan keputusan sepenuhnya kepada para anggota Dewan Komisi III DPR.

"Iya, iya (potensi politisasi), kemudian kan dalam waktu yang cepat sekali harus diinikan, kalau nggak salah 4 Februari sudah reses lagi, dan para anggota Dewan kan konsentrasinya sudah nggak di Senayan lagi. Biasanya, apalagi ini hitungan bulan, apalagi sudah menghitung hari ini. Tapi kita lihat saja keputusan kawan-kawan di Komisi III DPR," ujar dia.

Sebelumnya, Presiden RI Jokowi telah resmi memberhentikan Firli Bahuri dari jabatannya sebagai Ketua KPK. Jokowi mengatakan pengganti Firli masih diproses.

"Masih dalam proses semuanya," kata Jokowi pada wartawan setelah menghadiri rapat konsolidasi nasional KPU di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (30/12/2023).

Saat ditanya mengenai kapan target waktu Ketua KPK baru akan ditunjuk, Jokowi menjawab normatif.

"Masih dalam proses semuanya. Ya aturan kita ikutin semua," ujarnya. (**/red)