breaking news Baru

Mendag Zulhas Cerita Upaya Yang Dilakukan Jokowi Untuk Hentikan Serangan Israel Ke Gaza

Nasional. Buana Informasi TV - Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan (Zulhas) menceritakan upaya yang dilakukan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk menghentikan serangan Israel ke Gaza. Zulhas mengatakan Jokowi melobi dan meminta bantuan kepada Amerika Serikat saat bertemu Presiden AS Joe Biden beberapa waktu lalu.
Ia menyebut lobi diplomatik ini dilakukan Jokowi dalam kunjungan kerja ke AS. Zulhas yang turut mendampingi Jokowi mengungkapkan saat itu Jokowi bicara dan meminta langsung kepada Presiden AS Joe Biden.

"Menindaklanjuti kerja-kerja Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo yang saya mendampingi hadir di KTT darurat OKI, yang memberi mendapat atau memutuskan suatu kesimpulan untuk segera menghentikan serangan yang biadab Israel terhadap saudara-saudara kita yang di Gaza," ungkap Zulhas dalam keterangannya, Jumat (24/11/2023).

"Juga pertemuan Presiden Republik Indonesia di Riyadh yang saya juga ada di sana dengan Presiden Palestina, agar meminta Barat khususnya Amerika Serikat untuk segera menghentikan serangan Israel ke Gaza," imbuhnya.

Dalam acara Sholawat untuk Palestina bersama Habib Syech Bin Abdul Wadir Assegaf pada Kamis (23/11), Zulhas mengatakan Jokowi berbincang dengan Joe Biden terkait Gaza selama satu jam.

Saat itu, kata Zulhas, Joe Biden bertanya kepada Jokowi terkait keinginan Indonesia. Jokowi pun memohon agar serangan ke Gaza dihentikan.

"Dari situ Habib, saya mendampingi presiden terbang ke Washington DC, bapak presiden bilateral hampir satu jam dengan Presiden Joe Biden memperjuangkan Palestina agar segera dihentikan serangan-serangan yang biadab itu. Jawaban saya dengar, saya di situ, saya saksi hidup, Joe Biden mengatakan depan kita, depan presiden di Gedung Putih, Pak Jokowi Presiden Republik Indonesia 'Apa yang Amerika bisa berikan kepada Indonesia sehingga Indonesia menjadi senang?" tuturnya.

"Pak Jokowi mengatakan segera hentikan serangan biadab Israel terhadap Gaza, saya ada di sana. Presiden Amerika menjawab selain Israel dan Palestina, yang sekarang sedang berproses, jawaban Presiden Amerika 'Apalagi yang bisa kami berikan kepada Indonesia?'," imbuh Zulhas.

Zulhas menilai perjuangan Jokowi untuk menghentikan serangan Israel ke Gaza luar biasa. Apalagi upaya ini dilakukan Jokowi melalui berbagai forum.

"Jadi saudara-saudara perjuangan untuk Palestina Presiden Republik Indonesia luar biasa, mulai dari KTT ASEAN mulai dari ASEAN dan JCC, kemudian KTT darurat OKI, lanjut ke Amerika, lanjuti KTT APEC saudara-saudara," pungkasnya.(**/red)