breaking news Baru

Dukung Visi Pemerintah,Paket Kardus Blibli Sudah Tersetifikasi Daur Ulang

Nasional, Buana Informasi TV - Mendukung visi pemerintah dalam mengatasi perubahan iklim, platform e-commerce BliBli bersama dengan Tiket.com berkomitmen untuk menciptakan bisnis berkelanjutan yang mendorong dampak positif terhadap ekonomi sosial lingkungan, karyawan, mitra pelanggan dan pemangku kepentingan lain.
COO & Co-Founder BliBli Lisa Widodo mengungkapkan sebagai aksi bentuk nyata peduli terhadap lingkungan, BliBli telah menghadirkan 100% penggunaan kardus ramah lingkungan dan dapat didaur ulang. Kardus tersebut sudah memiliki sertifikasi Programme for The Endorsement of Forest Certification (PEFC) dan Forest Stewardship Council (FSC).

"100% penggunaan kardus yang bersertifikasi Programme for The Endorsement of Forest Certification dan Forest Stewardship Council (FSC), ini menandakan bahwa kardus yang kami deliver ke customer berasal dari sumber berkelanjungan dan dapat didaur ulang," ujar Lisa melalui acara Press-conference Langkah Membumi Festival Bertajuk 'One Action, One Earth' di Jakarta, Rabu (22/11/2023).

BliBli juga mengajak para konsumennya untuk peduli lingkungan, dengan meminta untuk mengembalikan sampah kemasan baik berupa kardus ataupun plastik melalui kurir BliBli. Bahkan BliBli akan memberikan poin belanja kepada konsumen yang melakukan langkah tersebut.

"Kami juga mengajak customer untuk mengembalikan kemasan yang bekas kepada kurir kami. Nanti sampah plastik atau kardus yang masih layak akan diolah untuk dijadikan kembali sebagai kemasan paket berikutnya untuk mengurangi sampah plastik," Jelas Lisa.

Lisa mengungkapkan dari program tersebut, adanya peningakatan konsumen terhadap peduli lingkungan. Di mana pada tahun lalu BliBli telah mengumpulkan 33 ribu kemasan sampah plastik dari pelanggan atau setara dengan penanaman 3300 bibit mangrove di Semarang banjir kanal timur.

"Kalau kita lihat trend-nya dari tahun ke tahun selalu meningkat, tahun lalu kita menanam 3000 pohon mangrove di banjir kanal timur Semarang. Di tahun ini kita targetin ke 4 irbu bibit mangvrove yang akan kita tambahkan di daerah Semarang. Jadi cukup naik dari tahun ke tahun," ujar Lisa.

Selain menggunakan material yang dapat didaur ulang, untuk proses antar kirim logistik BliBli juga sudah menggunakan kendaraan motor listrik (EV) yang ramah lingkungan. Lalu menariknya Warehouse atau Gudang BliBli juga memanfaatkan air hujan untuk digunakan di toilet dan kebutuhan penyiraman tanaman di area Warehouse BliBli.(**/red)