breaking news Baru

Ceo Apple Blak-blakan Soal Rencana Pensiun & Calon Penerus

Nasional, Buana Informasi TV - CEO Apple Tim Cook belum lama ini menjadi bintang tamu di podcast 'Dua Lipa: At Your Service'. Dalam podcast yang dipandu penyanyi Dua Lipa itu, Cook buka-bukaan soal banyak topik, mulai dari kehidupan pribadinya sampai calon penerusnya di Apple.
Cook mengungkap Apple sudah memiliki beberapa rencana yang sangat rinci untuk mempersiapkan penerusnya sebagai CEO ketika waktunya tiba. Tapi untuk saat ini, Cook mengatakan ia belum berencana pensiun.

"Kami adalah perusahaan yang percaya pada penyusunan rencana penerus, dan kami memiliki rencana suksesi yang sangat rinci," kata Cook, Rabu (22/11/2023).

"Karena sesuatu yang tidak dapat diperkirakan bisa selalu terjadi. Saya bisa saja mengambil langkah yang salah besok. Mudah-mudahan hal itu tidak terjadi," sambungnya.

Dua kemudian meminta Cook untuk memberikan sedikit bocoran tentang identitas calon penerusnya. Pria berusia 63 tahun itu tidak memberikan bocorannya, tapi ia mengatakan ada lebih dari satu calon.

"Saya tidak bisa menyebut (nama), tapi tugas saya adalah menyiapkan beberapa orang agar mampu menjadi penerus," kata Cook.

"Saya benar-benar ingin orang tersebut berasal dari internal Apple, CEO selanjutnya. Dan peran saya adalah memastikan ada beberapa calon yang da[at dipilih oleh direksi," imbuhnya.

Pada tahun 2021 lalu, Cook mengatakan ia mungkin akan meninggalkan Apple dalam 10 tahun ke depan. Namun ia enggan berkomentar lebih banyak tentang rencana tersebut.

Dua kemudian bertanya apakah Cook akan bertahan di Apple hingga tahun 2050 untuk melihat dampak kebijakan lingkungan yang diterapkan perusahaannya. Namun Cook mengaku tidak tahu akan bertahan di Apple hingga berapa lama.

"2050 mungkin terlalu jauh, saya tidak tahu berapa lama saya akan bertahan di sana," ucap Cook.

"Saya suka (bekerja) di sana dan saya tidak bisa membayangkan hidup saya tanpa berada di sana. Jadi saya akan berada di sana untuk sementara waktu," pungkasnya.(**/red)