breaking news Baru

AS Tuding Hamas Manfaatkan RS Untuk Pusat Komando Dan Simpan Senjata

Nasional, Buana Informasi TV - Amerika Serikat (AS) menuding pejuang Hamas mempunyai pusat komando di rumah sakit Al-Shifa di Gaza. Pihak AS pun mendukung langkah Israel untuk menyerang fasilitas rumah sakit tersebut.


"Hamas mengoperasikan pusat komando dan kendali dari Al-Shifa di Kota Gaza," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional, John Kirby,Rabu (15/11/2023).
Kirby mengaku mendapatkan informasi bahwa ada beberapa rumah sakit di Gaza yang memang dijadikan terowongan oleh pasukan Hamas. Selain itu, kata dia, rumah sakit itu juga dijadikan tempat untuk menyandera.


"Kami mendapat informasi bahwa Hamas menggunakan beberapa rumah sakit di Jalur Gaza termasuk Al-Shifa dan terowongan di bawahnya untuk menyembunyikan dan mendukung operasi militer mereka serta menyandera," ucapnya.


Tak hanya itu, Kirby juga menyebut Hamas memanfaatkan rumah sakit untuk penyimpanan peralatan hingga persenjataan. Menurutnya, itu merupakan kejahatan perang.
"Kami mempunyai informasi yang menegaskan bahwa Hamas menggunakan rumah sakit tersebut sebagai pusat komando dan kendali dan mungkin penyimpanan peralatan, senjata. Itu adalah kejahatan perang," ujar dia.(**/red)