breaking news Baru

Kebakaran Kandang Ayam Akibatkan Ribuan Ayam Mati terpanggang Dan Kerugian Mencappai Rp 350 Juta

Pringsewu, Buana Informasi TV - Kandang ayam di Pekon Pandansari Selatan, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu ludes terbakar pada Minggu pagi (22/10). Ribuan bibit ayam potong ikut terpanggang dan kerugian ditaksir mencapai Rp.350 juta.

Kapolsek Sukoharjo Iptu Poltak Pakpahan mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Benny Prasetya mengatakan, kebakaran terjadi pada Minggu pagi sekira pukul 07.30 Wib. Api pertama kali diketahui penjaga kandang muncul dari bagian tengah kandang yang kemudian dengan cepat menyebar ke seluruh bangunan.  

"Api baru bisa dipadamkan dua jam kemudian atau sekitar pukul 09.30 Wib, setelah datangnya bantuan 1 unit mobil pemadam kebakaran," ujar Kapolsek Sukoharjo saat dikonfirmasi awak media pada Minggu siang.

Menurut Kapolsek, kandang yang terbakar berukuran 40x8 meter dan baru lima hari di isi 6.500 ekor bibit ayam. Selain membakar bangunan dan bibit ayam, Kebakaran ini juga menghanguskan 40 sak pakan, 8 unit blower serta peralatan makan minum ayam.

Akibat kebakaran ini, pemilik kandang, Triyono (52) warga Pekon Pandansari Selatan, Sukoharjo menderita kerugian material mencapai Rp.350 juta rupiah.

Kapolsek mengungkapkan, pihaknya telah mendatangi dan melakukan olah TKP dilokasi kejadian. Berdasarkan hasil penyelidikan ia menduga pemicu kebakaran ini akibat adanya korsleting listrik di bagian tengah kandang. 

"Proses penyelidikan masih berlanjut namun dugaan awal penyebab kebakaran ini karena hubungan arus pendek listrik," bebernya. (**/red)