Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Pangeran Arab Saudi

Nasional, Buana Informasi TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan empat mata secara langsung dengan Perdana Menteri Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman al-Saud di Istana Al-Yamamah, Riyadh, Arab Saudi.
Dalam pertemuan tersebut, Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi sepakat membentuk Dewan Koordinasi Tertinggi Indonesia-Arab Saudi untuk memperkuat hubungan kerja sama kedua negara.

"Karena memang di tengah situasi dunia yang makin terbelah, persahabatan seperti yang dibangun dua negara kita makin diperlukan," kata Jokowi dalam pengantarnya saat melakukan pertemuan bilateral dengan Pangeran Mohammed bin Salman Al-Saud dalam keterangannya, Jumat (20/10/2023).

Rangkaian pertemuan diakhiri dengan penandatanganan sejumlah nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara pemerintah Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi.

Adapun kerja sama yang ditandatangani mengenai pembentukan Dewan Koordinasi Tertinggi antara Republik Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi.

Ada juga kerja sama teknis antara Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Organisasi Standar, Metrologi, dan Kualitas Saudi. Kemudian ada juga kerja sama di bidang pemuda dan olahraga serta kerja sama jaminan produk halal.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan setidaknya ada 3 isu utama yang dibahas Jokowo dengan Pangeran Mohammed bin Salman. Pertama adalah dinamika yang terjadi di Palestina, peningkatan pelayanan haji bagi masyarakat Indonesia, hingga peningkatan perdagangan kedua negara.

"Pertemuan mencakup 3 isu utama, antara lain, dinamika terkini yang terjadi di Palestina, pelayanan haji bagi masyarakat Indonesia, dan peningkatan perdagangan kedua negara," ungkap Erick dilansir dari unggahan Instagram @erickthohir. (**/red)