breaking news Baru

SBY Duduk di Samping Prabowo di Perayaan HUT Ke-78 TNI di Monas

Nasional, Buana Informasi TV - Perayaan HUT ke-78 TNI diselenggarakan di Monumen Nasional (Monas) hari ini. Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri Hadir dalam perayaan HUT ke-78 TNI.
Terlihat Megawati Soekarnoputri, yang didampingi Ketua DPR RI Puan Maharani, memasuki kawasan Monas. Terlihat pula Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, yang duduk di sebelah Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, dan duduk sederet dengan Megawati.(5/10/2023), 

Untuk diketahui, hari ini adalah perayaan HUT ke-78 TNI, yang setiap tahunnya diperingati pada 5 Oktober. Sejumlah persiapan menyambut puncak acara dilakukan sejak pekan lalu.
Upacara Parade dan Defile HUT ke-78 TNI Tahun 2023 mengerahkan 4.630 personel pasukan dan 130 Alutsista. Kekuatan Pasukan Upacara Parade nantinya terdiri dari Kelompok Panji-Panji, 1 Brigade Gabungan (1 Yon POM, 1 Yon Wan TNI dan 1 Yon Taruna Akademi TNI), 1 Brigade TNI AD, 1 Brigade TNI AL, 1 Brigade TNI AU, 1 Yon Gabungan Komcad dan Komduk dan Satsik.

Sedangkan kekuatan untuk Defile Pasukan dan Alutsista terdiri dari 1 Yon Drumband gabungan Taruna Akademi TNI, Kelompok Panji-Panji, 1 Brigade Gabungan (1 Yon POM, 1 Yon Wan TNI dan 1 Yon Taruna Akademi TNI), 1 Brigade TNI, 1 Brigade TNI AD 1 Brigade TNI AL, 1 Brigade TNI AU, 1 Yon Gabungan Komcad dan Komduk, 1 Kompi Pasukan Tactical dan pok Pers Veteran (naik kendaraan).

Demo udara juga akan dilakukan pada HUT ke-78 TNI dengan melibatkan 91 pesawat dari matra darat, laut dan udara pada 5 Oktober 2023. Demo udara itu di antaranya fly pass pesawat tempur, helikopter dan free fall sebanyak 78 personel. (**/red)