Piala Dunia U-17 2023 akan menggunakan teknologi VAR dan goal line technology

Nasional, Buana Informasi TV - Piala Dunia U-17 2023 akan menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR) dan goal line technology. Ketum PSSI Erick Thohir memastikan hal ini.
Dua teknologi tersebut memang sudah lumrah digunakan dalam kejuaran sepakbola dunia di bawah naungan FIFA. VAR juga sudah diterapkan di Piala Dunia U-17 2019 di Brasil.

Untuk itu, teknologi mutakhir tersebut juga bakal hadir di gelaran Piala Dunia U-17 2023 mendatang. Adapun wasit VAR yang akan bertugas di Piala Dunia U-17 nanti sebanyak 18 orang.


"Ya itu memang kan otoritas dari FIFA-nya langsung, bukan dari kami. Kami ini sebagai penyelenggara semua payungnya semua di bawah FIFA," kata Erick Thohir saat ditanya soal kehadiran VAR di Piala Dunia U-17.

CEO Visual Indomedia Produksi (VIP), Indra Yudhistira juga memastikan hal yang sama. Sebagai informasi, VIP adalah bagian dari Emtek yang bertanggung jawab untuk memproduksi tayangan langsung Piala Dunia U-17.

Ia menyebut bahwa semua sumber daya manusia untuk VAR akan disediakan oleh FIFA. Jadi tidak ada tenaga dari Indonesia yang akan diberdayakan dalam ajang itu untuk mengoperasikan VAR.

"Jadi tim VAR FIFA itu akan berhubungan dengan tim produksi kami, jadi kami menaruh kamera juga di ruangan VAR," ujar Indra.

"Tim VAR dari FIFA, mereka bawa alat-alatnya, itu ditaruh di sebelah control room kami. Kami juga harus menyediakan satu kamera juga, itu sudah syarat jadi mereka. Di setiap stadion ada ruangan khusus untuk VAR," ucapnya.

"Goal line technology, tapi tentu berbeda dengan Qatar (Piala Dunia 2022) ya, kami tetap taruh dua kamera untuk gol line tapi tim VAR dari FIFA yang akan handle, kalau yang di Qatar kan canggih banget ya," katanya lagi. (**/red)