breaking news Baru

Calon Jamaah Haji Dari Kabupaten Pesawaran Saat Ini Telah Kembali Dari Maktab Mina ke Hotel Kiswah

Pesawaran,Buana informasi TV - Setelah melalui perjalanan panjang dalam menunaikan rukun pada ibadah haji tahun 2023, 138 calon jamaah haji dan termasuk 1 orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dari Kabupaten Pesawaran saat ini telah kembali dari maktab Mina ke Hotel Kiswah, Mekah. 

Demikian disampaikan Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona yang melaporkan langsung kondisi terkini dari Mekah, jumat (30/6/23). 

Dirinya mengatakan semua berjalan lancar, walau ada sedikit kendala ditengah perjalanan para jamaah calon haji asal Bumi Andan Jejama. 

"Alhamdulillah, pada 12 dzulihijah 1444 H para jamaah telah kembali, mereka sudah melakukan rangkaian mabit di mina, lontar jumroh dan kini tinggal melaksanakan tawaf ifadoh di kabah," ucap Dendi. 

Ia menyebut ada kendala pada saat penjemputan dari Muzdalifah ke Maktab Mina yang memakan waktu cukup lama hingga 10 jam. Walaupun begitu Jamaah Pesawaran tetap bertahan di tengah cuaca yang cukup panas. 

"Dan ada sesekali keterlambatan makanan di Maktab Mina, kita rasakan ada masalah dimana jemaah haji tahun 1444H dari seluruh penjuru dunia sangat membludak, sehingga menjadi kendala tersendiri pada petugas Maktab," terangnya. 

Dilaporkan ada satu jamaah yang sempat dirawat di klinik kesehatan setempat akibat muntah - muntah dan dehidrasi. "Tapi Alhamdulillah sudah kembali pulih dan berkumpul bersama rombongan," imbuh Dendi. 

Ia sangat mengapresiasi kepada semua pendamping haji pesawaran yang bekerja luar biasa memastikan kesehatan dan fasilitas selalu tersedia dengan baik. 

"Mohon doanya agar para pendamping jamaah dan para jamaah tetap sehat juga dapat menjalankan ibadah selanjutnya dengan nyaman serta menjadi haji yang mabrur," pungkasnya.(**/red)